HOLOPIS.COM, JAKARTA – Achmad Hermanto Dardak rencananya akan dimakamkan di Taman Makam Pahlawan Nasional (TMPN) Kalibata. Lokasi pemakaman tersebut sebelumnya telah diumumkan oleh sang putra, yakni Emil Elestianto Dardak alias Emil Dardak yang juga merupakan Wakil Gubernur Jawa Timur.

“Kami berterima kasih kepada Bapak Mensesneg (Pratikno) dan Pak Presiden (Joko Widodo) atas diizinkannya almarhum untuk dimakamkan di Taman Makam Pahlawan Kalibata besok pagi,” kata Emil kepada wartawan di rumah duka, Jakarta, Sabtu (20/8).

Emil juga menyampaikan kepada seluruh masyarakat agar bersedia membukakan pintu maaf yang seluas-luasnya jika semasa hidupnya, sang Wakil Menteri Pekerjaan Umum periode 2009-2014 tersebut pernah berbuat kesalahan dan kekhilafan.

Berdasarkan rencana agenda pemakaman Achmad Hermanto Dardak, sayogyanya agenda akan dimulai dengan shalat jenazah yang akan dilakukan di Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) pukul 07.00 WIB. Setelah itu, jenazah akan diberangkatkan ke TMPN Kalibata dan dikebumikan pukul 08.30 WIB.

Sebelumnya, Hermanto Dardak bersama dengan sopir Angga Saputra (30) melaju menggunakan mobil Toyota Innova bernomor polisi B 2739 UFZ warna hitam. Namun saat berada di KM 341+400 B Tol Pemalang – Batang sekitar pukul 03.25 WIB, mobil kehilangan kendali dengan kecepatan 100Km/jam diduga akibat sopir mengantuk hingga menghantam bagian belakang truk dengan nopol K 1909 BH.

Akibat kecelakaan tersebut, bagian depan mobil yang ditumpangi Hermanto Dardak rusak parah. Sang penumpang tewas, sementara sang sopir hanya mengalami luka-luka. Ayah mertua Arumi Bachsin tersebut sempat dilarikan ke Rumah Sakit Umum (RSU) Aro Pekalongan, namun nyawanya tak tertolong.

Selanjutnya, jenazah almarhum Achmad Hermanto Dardak dibawa ke rumah duka di Jalan Swakarsa V Bina Marga II Nomor 28, Duren Sawit, Jakarta Timur dan tiba di 15.20 WIB.