HOLOPIS.COM, JAKARTA – Komnas HAM sampai dengan saat ini belum pernah mendapatkan kesempatan untuk memeriksa Irjen Ferdy Sambo yang telah ditetapkan sebagai tersangka kasus pembunuhan Brigadir Yoshua.

Komisioner Komnas HAM Choirul Anam bahkan mengatakan, dari penjadwalan yang telah diajukan ke Bareskrim untuk memeriksa Ferdy Sambo, mereka belum diberikan kesempatan dengan alasan tengah berlangsungnya pemeriksaan marathon.

“Kami dikonfirmasi oleh Pak Komjen Agus sebagai ketua tim, beliau mengabarkan kepada kami bahwa hari ini belum bisa Pak Ferdy Sambo untuk memberikan keterangan kepada Komnas HAM karena teman-teman penyidik sedang mendalami Pak Ferdy Sambo, kata Choirul, Kamis (11/8).

Choirul kemudian beralasan bahwa pihaknya tidak bisa memaksa untuk melakukan pemeriksaan terhadap suami dari Putri Candrawathi tersebut.

“Karena memang ini adalah proses penegakan hukum, proses dari teman-teman penyidikan, oleh karenanya kami menghormati proses tersebut dan tetap menunggu kapan bisa kami lakukan pendalaman,” klaimnya.

Anam juga belum bisa memastikan kapan pihaknya akan melakukan pemeriksaan terhadap Ferdy Sambo lantaran masih menunggu proses pendalaman yang dilakukan oleh penyidik

“Terkait waktunya belum ada waktu karena memang beliau bilang penyidik sedang melakukan proses pendalaman. Ketika proses pendalaman begitu ya waktunya tergantung pendalaman apa yang mereka dapat, makanya kami nggak nanya. Kami cuman minta supaya kalau sudah mohon Kami dikabari,” kilahnya.