HOLOPIS.COM, JAKARTA – Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian telah menyerahkan beberapa nama yang akan ditunjuk menjadi pejabat (Pj) gubernur di tiga provinsi baru Papua ke Wakil Presiden Ma’ruf Amin.

Juru Bicara Wapres Masduki Baidlow mengatakan, nama-nama tersebut baru sekadar usulan dan belum bisa diputuskan lebih lanjut.

“Belum dibahas secara detail tapi memang Bapak Mendagri tadi sudah melaporkan mengenai siapa yang akan menjadi pemimpin di wilayah-wilayah baru,” kata Baidlow, Selasa (2/8).

Nama-nama itu menurutnya, berasal dari beberapa kalangan maupun tokoh yang dianggap berpengaruh untuk memimpin sementara wilayah pemekaran Papua.

“Aspirasinya sudah banyak, beberapa tokoh, disebutkan beberapa nama, tapi semuanya masih belum final,” terangnya.

Masduki beralasan, sampai dengan saat ini Ma’ruf memilih untuk lebih fokus pada pembangunan infrastruktur dan aturan baru di tiga provinsi baru Papua.

“Semuanya sudah disampaikan tapi belum ada yang final karena semua sifatnya masukan dan lebih kepada bagaimana Wapres ‘concern’ supaya persiapan di lapangan betul-betul untuk infrastruktur, dan aturan-aturan agar tidak ada konflik di daerah, itu yang lebih diutamakan Wapres, harapannya seperti itu,” terangnya.

Sementara itu, Wakil Menteri Dalam Negeri (Wamendagri) John Wempi Wetipo memastikan penjabat gubernur untuk tiga provinsi baru di Papua sudah digodok Kemendagri. Menurut Wempi, kementeriannya sudah melakukan kunjungan ke tiga provinsi untuk mempersiapkan hal terkait.