HOLOPIS.COM, JAKARTA – Komisi Pemilihan Umum (KPU) menggelar kegiatan gladi redik atau gladi bersih jelasng agenda pendaftaran partai politik calon peserta Pemilu 2024 malam ini.

Diketahui, tahapan pendaftaran ini akan dimulai pada hari Senin (1/8) besok. Direncanakan, akan ada 16 (enam belas) partai politik yang melakukan pendaftaran.

“Pada hari ini, Ahad, 31 Juli 2022 malam, kami di KPU sedang mempersiapkan segala sesuatunya kalau istilahnya itu gladi bersih untuk kegiatan penerimaan pendaftaran partai politik yang akan dimulai pada besok, hari Senin tanggal 1 Agustus 2022,” kata Ketua KPU, Hasyim Asy’ari di kantor ruang sidang utama KPU, Jakarta, Minggu (31/7).

Hasyim menyampaikan, pendaftaran sendiri akan dibuka KPU pukul 08.00 WIB. Pihaknya telah mengonfirmasi terdapat sejumlah parpol yang akan hadir mendaftar di hari pertama besok.

Dalam kesempatan gladi bersih ini, dia pun menggambarkan teknis pendaftaran parpol yang akan dimulai besok. Tim KPU akan menyambut secara langsung ketua umum dan Sekjen parpol yang sudah mengonfirmasi waktu kehadirannya.

Setelah itu, ketua umum bersama Sekjen akan diarahkan terlebih dahulu ke ruang transit yang telah disiapkan oleh KPU sebagai pihak penyelenggara.

“Kemudian apabila sudah siap bersama dengan tim pendaftaran partai, diminta ke lantai 2 yaitu di ruang rapat utama kantor KPU dalam rangka untuk menyerahkan dokumen pendaftaran yaitu surat pendaftaran dan dokumen-dokumen persyaratan,” ujarnya.

Berikut ini data KPU terkait update sementara pendaftaran parpol yang akan dilakukan besok ;

Pukul 08.00 WIB :
1. PDIP
2. Partai Keadilan dan Persatuan (PKP)
3. Partai Reformasi
4. Partai Keadilan Sejahtera (PKS)

Pukul 10.00 WIB :
5. Partai Nasional Demokrat (NasDem)
6. Partai Rakyat Adil Makmur (PRIMA)
7. Perindo
8. Partai Bulan Bintang (PBB)
9.Partai Persatuan Pembangunan (PPP)

Pukul 11.00 WIB :
10. Partai Gelora
11. Partai Golkar

  1. PKB: 1 Agustus 2022 (belum ditentukan jamnya)

Pukul 13.00 WIB :
13. Partai Kebangkitan Nusantara
14. Partai Buruh

Pukul 14.00 WIB
15. Partai Garuda
16. Partai Demokrat