HOLOPIS.COM, JAKARTA – Korea Utara melaporkan tidak ada kasus baru Covid-19 untuk pertama kalinya sejak pertengahan Mei. Ini merupakan kabar yang melegakan bagi negara yang terisolasi secara global tersebut.

“99.99% dari 4.77 juta pasien ‘demam’ sejak bulan April telah sembuh total, tetapi karena tidak ada testing yang resmi, tidak ada rilis jumlah masyarakat yang sebenarnya positif Covid-19,” dilansir media lokal Korea Utara KCNA, Sabtu (30/7).

Korea Utara mengatakan, akhirnya saat ini mereka berada dalam jalur untuk meredakan krisis corona yang sampai mengkhawatirkan dunia global. Hal itu karena Korea Utara yang terisolasi dari negara lain, dan kekurangan nakes serta alat kesehatan.

Belum lagi Korea Utara yang tak memberikan jawaban terkait tawaran bantuan dari musuh bebuyutannya, Korea Selatan dan Amerika Serikat.

Meski demikian, ada yang masih ragu dengan klaim melegakan tersebut. Para ahli penyakit menular dari Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) memiliki keraguan terhadap klaim Korea Utara.

Pasalnya, para ahli ini curiga Korea Utara justru sedang melewati masa-masa yang semakin parah karena tidak ada data jelas terkait jumlah kasus Covid-19 di sana.

Saat ini, usaha untuk pencarian data yang jelas sedang dalam perjalanan menuju Korea Utara, untuk benar-benar memastikan bahwa wabah Covid-19 sudah pergi dari sana.