HOLOPIS.COM, JAKARTA – Asam jawa atau tamarindus indica merupakan buah yang berasal dari Afrika yang banyak ditemukan di negara tropis, termasuk Indonesia.

Biasanya asam jawa populer untuk campuran bumbu masak atau sebagai minuman menyegarkan. Namun, asam jawa juga memiliki segudang manfaat lainnya untuk mengatasi berbagai masalah kulit loh.

Berikut ini, 4 manfaat asam jawa untuk kecantikan :

  • Eksfoliasi kulit

Kandungan pulp pada asam jawa digunakan sebagai eksfoliator sejak dulu kala. Selain itu, kandungan AHA dalam asam jawa mampu mengangkat sel kulit mati dan meremajakan kulit.

Untuk mendapatkan hasil yang maksimal Sobat Holopis bisa melakukan eksfoliasi 3 hari sekali secara berkala.

  •  Mencerahkan kulit

Campuran asam jawa dan kunyit dipercaya ampuh untuk mendapatkan kulit yang cerah dan berkilau.

Berdasarkan penelitian pada tahun 2015, asam jawa efektif mengurangi noda pada wajah, tanda penuaan dini, bintik hitam, dan mencerahkan kulit.

  • Melembabkan kulit

Antioksidan yang tinggi pada kandungan asam jawa membantu melindungi kulit dari dalam untuk mengurangi dampak buruk paparan sinar matahari dan polusi. Selain itu, asam jawa dipercaya mampu melembabkan kulit dan mencegah penuaan dini.

Sobat Holopis, bisa mencoba campuran asam jawa dan air teh untuk dijadikan sebagai toner wajah.

  • Mengatasi inflamasi

Asam jawa dipercaya mampu mengatasi inflamasi pada kulit berjerawat. Hal tersebut karena kandungan vitamin A, C, dan antioksidan pada asam jawa dapat digunakan sebagai obat untuk inflamasi pada kulit.

Sobat Holopis hanya perlu mencampurkan asam jawa, bubuk kunyit, dan yoghurt, sebagai masker wajah. Tunggu masker mengering lalu bilas dengan air hangat.