HOLOPIS.COM, JAKARTA – Dokter Ahli Penyakit Dalam yang juga Ketua Satgas Penanganan Covid-19 Ikatan Dokter Indonesia (IDI), Zubairi Djoerban mengatakan bahwa Indonesia harus siap siaga terhadap wabah cacar monyet alias monkeypox.

Hal ini disampaikannya setelah Organisasi Kesehatan Dunia atau World Health Organization (WHO) menyatakan wabah cacar monyet sebagai darurat kesehatan global.

“Menyusul pernyataan WHO bahwa wabah cacar monyet atau monkeypox sebagai darurat kesehatan global, maka Indonesia perlu siap siaga,” kata Zubairi melalui cuitan di akun Twitter pribadinya @ProfesorZubairi, Sabtu (23/7).

Menurutnya, kesiapsiagaan itu sangatlah penting guna mengonsolidasikan strategi mitigasi di berbagai tingkatan dalam menghadapi penyebaran wabah cacar monyet di Tanah Air. Sebab, kata dia, wabah cacar monyet ini telah menyebar di 75 negara dengan 16 ribu lebih kasus.

“Sangat penting untuk mengonsolidasikan strategi mitigasi di berbagai tingkatan, karena (lebih dari) 16 ribu kasus telah menyebar di 75 negara saat ini. Waspada,” tukasnya.

Seperti diketahui, WHO telah menyatakan wabah cacar monyet sebagai darurat kesehatan global pada hari ini, Sabtu (23/7). Pernyataan itu disampaikan langsung oleh Sekretaris Jenderal WHO, Tedros Adhanom Ghebreyesus.

“Saya telah memutuskan bahwa wabah #monkeypox global merupakan keadaan darurat kesehatan masyarakat yang menjadi perhatian internasional,” kata Sekretaris Jenderal Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) Tedros Adhanom Ghebreyesus seperti dilansir dari Associated Press, Sabtu (23/7).