JAKARTA, HOLOPIS.COM – Dirlantas Polda Metro Jaya, Kombes Pol Latif Usman menyampaikan, bahwa pihaknya telah menyiapkan sejumlah skema guna mengatasi kemacetan di Jakarta. Salah satunya yakni usulan mengenai pengaturan jam keberangkatan pekerja agar tidak menumpuk pada jam yang sama.

Latif mengatakan, usulan tersebut berdasarkan hasil analisa yang dilakukan pihaknya terkait kemacetan di Jakarta. Ia menyebut, bahwa kemacetan yang terjadi di Ibu Kota disebabkan oleh mobilitas pekerja hingga pelajar yang berangkat pada jam bersamaan.

“Sekarang gini, jam 6 sampai 9 pagi kan padet di Jakarta. Nah, jam 9 sampai jam 2 siang agak lengang di Jakarta. Maksud saya, jam 9 pagi ini (agar) ada pengaturan kegiatan masyarakat,” kata Latif kepada wartawan, Rabu (20/7).

latif mengatakan, bahwa pihaknya akan melakukan koordinasi dengan sejumlah pihak terkait untuk membahas perihal usulan tersebut.

“Kita akan adakan koordinasi, kita rapatkan. Bila perlu, kalau masyarakat yang bisa kerja malam, ya malam, biar jangan semuanya siang semua,” jelasnya.

“Sekarang kan sudah ada pembatasan gage. Kita sekarang mengusulkan untuk pembagian jam waktu operasional kerja mereka,” tambahnya.

Latif berharap agar usulan mengenai pembagian jam ngantor ini dapat disambut terbuka oleh semua pihak. Dia pun mengharapkan dukungan dari sejumlah instansi terkait, khususnya Pemprov DKI Jakarta.

“Nanti yang diinginkan adanya pergub. Jadi misalnya seperti kementerian kan jangan diwajibkan apel jam 7 pagi, tapi apel jam 9. Mereka pulangnya pun nanti tidak akan bersama-sama, jadi tersebar. Mereka berangkatnya lebih siang, pulangnya lebih sore,” ungkap Latif.