HOLOPIS.COM, JAKARTA – Ketua DPR RI Puan Maharani berharap koperasi dapat terus berkembang dan bisa menjadi penggerak perekonomian di Indonesia.

“Koperasi oleh para pendiri bangsa kita dirancang sebagai sokoguru perekonomian nasional. Saya berharap Koperasi Indonesia tidak boleh tertinggal kereta kemajuan zaman,” kata Puan saat menghadiri secara virtual Puncak Acara Hari Koperasi ke-75 di Denpasar Bali, (12/7).

Menurutnya, Koperasi harus terus bisa beradaptasi dan mengikuti perkembangan zaman agar tidak tertinggal.

“Koperasi menjadi usaha bersama untuk mewujudkan kemakmuran bersama. Koperasi tumbuh dari gerakan kebangsaan sesuai usaha bersama berdasarkan azas kekeluargaan. Tumbuh di atas kejujuran, kesukarelaan, tolong menolong, dan gotong royong,” kata mantan Menko PMK itu.

Tak hanya untuk mencapai kemakmuran, Puan menjelaskan bahwa koperasi juga bisa memberikan rasa percaya terhadap kekuatan yang sudah dimiliki, salah satunya seperti untuk menempa ekonomi rakyat yang lemah menjadi kuat.

Peringatan Hari Koperasi Nasional 2022 pada tahun ini mengusung tema ‘Transformasi Koperasi Untuk Ekonomi Berkelanjutan’.

Karena itulah, Puan berpendapat bahwa perlu ada upaya untuk mempertahankan koperasi tetap relevan dengan tantangan zaman.

Apalagi, saat ini ekonomi sudah semakin berkembang dengan bentuk yang semakin kompleks.

Peningkatan Jumlah Koperasi Indonesia

Koperasi Indonesia selalu mengalami peningkatan pada setiap tahunnya. Berdasarkan data BPS, jumlah total pertahun koperasi Indonesia di 2021 mencapai 127.846.

“Koperasi Indonesia harus bisa cepat beradaptasi, gesit, kreatif, inovatif, dan tidak takut bersaing dengan pelaku ekonomi lainnya,” tegasnya.

Tak mau membuang momen, dalam Hari Koperasi Nasional 2022, Puan mengajak semua orang agar Koperasi di Indonesia selalu mengingat jati diri sebagai bentuk ekonomi gotong royong.

Semua Koperasi di Indonesia harus membantu satu sama lain agar bisa maju bersama.
“Dengan tagline ‘Gerakan Ayo Berkoperasi dalam rangka mendukung Program Revolusi Mental’, semua koperasi di Indonesia harus saling bergotongroyong, membuat jaringan, saling menguatkan dan membangun ekosistem untuk sama-sama berkembang,” pungkas Puan.

Puan menekankan bahwa tidak ada kata maju sendiri-sendiri dalam sistem gotong royong. Inilah yang harus diterapkan pada Koperasi Indonesia agar bekerja sama berkreatif dan berinovasi.