HOLOPIS.COM, JAKARTA – Ladang ganja dengan luas mencapai lima hektare berhasil ditemukan prajurit Satgas Pengaman Terbatas Republik Indonesia – Papua Nugini Yonif 126/KC.

Dansatgas Pamtas Yonif 126/Kala Cakti, Letkol Dwi Widodo menjelaskan, ladang ganja yang siap panen itu ditemukan di pertengahan antara Kampung Paitenda-Banda, Distrik Waris, Kabupaten Keerom.

“Ladang ganja tersebut ditemukan oleh Satgas Pos Waris setelah sebelumnya mereka menerima laporan dari masyarakat,” ungkap Dwi (13/7).

Mendapatkan informasi tersebut, sekitar 10 personel Pos Waris langsung melaksanakan patroli menuju ke lokasi yang berjarak sekitar 4 kilometer dari posko tersebut.

“Sesampainya dilokasi ternyata benar di lokasi tersebut terdapat tanaman ganja. Kemudian para personel melaksanakan pengintaian untuk mencari tahu pemilik ladang ganja tersebut,” ungkapnya.

Setelah menunggu sejenak, petugas tidak berhasil menemukan siapa yang menanam ganja di atas lahan tersebut.

“Dari hasil pengecekan di lapangan, di ladang ganja tersebut diperkirakan ada ratusan pohon ganja. Namun sekitar 50 pohon dengan tinggi rata-rata tiga meter yang berhasil diamankan. Dari jejak yang ada, sebagian sudah dipanen oleh pemiliknya,” ungkapnya.

Untuk mengelabui petugas, di sekitar ladang ganja itu banyak ditanami pohon-pohon lain, seperti pohon pisang dan sejumlah tanaman lainnya.

“Jadi penanaman ganja tersebut dilakukan dengan pola berjarak antara satu pohon dengan yang lainnya dan terlindungi oleh pohon pisang dan pohon lainnya sehingga jika tidak jeli maka tidak akan ketahuan,” jelasnya.

Dwi menambahkan barang bukti berupa ganja basah tersebut selanjutnya akan diserahkan ke Polres Keerom untuk ditangani lebih lanjut.