HOLOPIS.COM, JAKARTA – Gelombang baru infeksi Covid-19 masih jauh dari kata usai. Meskipun manusia telah melewati dua tahun lamanya pandemi, menerima vaksinasi dan memahami prokes, ternyata Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) berpendapat lain.

“Gelombang baru virus telah mendemonstrasikan bahwa Covid-19 masih jauh dari kata usai,” kata Direktur Jenderal WHO, Tedros Adhanom Ghebreyesus, dilansir dari AFP (12/7).

Meski demikain Tedros tetap memberikan semangat kepada masyarakat untuk tetap terus melawan penyebaran Covid-19.

“Ketika virus semakin mendorong kita, maka kita harus mendorong balik,” kata Tedros.

Tedros menjelaskan, saat ini virus corona telah tersebar secara bebas dan negara-negara sudah tidak melindungi diri secara maksimal.

Meskipun memberikan harapan soal ‘dorong balik’, Tedros tidak memungkiri beberapa kekhawatiran yang ia rasakan. Seperti angka penyebaran yang semakin tinggi dan akan semakin menekan tenaga kesehatan.

“Pemerintah dan tenaga kesehatan harus terus menjalankan prokes seperti memakai masker, sistem ventilasi lebih baik, testing, dan protokol perawatan,” kata Tedros.

Direktur kedaruratan WHO Michael Ryan mengatakan, kasus penyebaran Covid-10 telah meningkat sebesar 30%. Penyebaran disebabkan sub varian Omicron BA.4, BA.5.

Tak hanya karena subvarian, peraturan yang mulai longgar di negara-negara dunia pun menjadi salah satu penyebab pandemi Covid-19 tak kunjung selesai.