HOLOPIS.COM, JAKARTA – Hasil imbang 1-1 yang diraih Vietnam vs Thailand di putaran terakhir babak penyisihan Grup A Piala AFF U19 2022 dianggap merugikan timnas U19 Indonesia. Hal ini pun membuat PSSI berniat mengajukan protes secara resmi ke Federasi Sepak Bola ASEAN atau AFF.

Dilansir dari Antara Senin (11/7), Ketua Umum (Ketum) PSSI yakni Mochamad Iriawan menyampaikan bahwa terkait hal ini, akan ada ruang pembicaraan terlebih dahulu di tubuh PSSI.

“Kami akan membicarakannya terlebih dahulu di PSSI. Kami akan menyampaikan bahwa kami cukup dirugikan,” ujar Iriawan  (10/7).

Seperti yang telah diketahui bersama, dua tim kuat antara Vietnam vs Thailand telah menuntaskan pertandingannya, hasil laga dari keduanya ternyata imbang 1-1. Hal ini lantas mengundang pertanyaan, salah satunya dari pihak PSSI sendiri.

Akibat dari hasil imbang itu lah, timnas Indonesia gagal melangkah ke tahap selanjutnya di Piala AFF U19 2022.

“Kami akan mendiskusikannya secara internal besok. Kami akan memutar kembali video pertandingan dan menganalisisnya dengan beberapa pihak termasuk direktur teknik sebelum memastikan apakah kami akan mengajukan protes,” ujar pria yang akrab disapa Iwan Bule.

“Kami tidak bisa menilai apakah ada ‘permainan’ atau tidak. Nanti yang bisa menilai adalah Komisi Disiplin AFF, yang jelas kami kecewa,” sambungnya.

Lanjut keterangannya, Mochamad Iriawan menilai permainanan yang ditampilkan dua tim sekelas Vietnam dan Thailand mengundang tanda tanya.

“Mereka adalah negara besar, masa permainannya begitu-begitu saja,” lanjut Iriawan.

Sebagai informasi, Timnas U19 Indonesia gagal melangkah ke tahap selanjutnya di Piala AFF U19 2022 meskipun menang mudah atas Myanmar 5-1.

Timnas U19 Indonesia harus tersingkir dari turnamen Piala AFF U19 2022 karena kalah H2H dari Vietnam dan Thailand, yang di mana laga dari kedua negara tersebut berakhir imbang 1-1.