HOLOPIS.COM, CIANJUR – Hunian hotel di kawasan Cipanas-Puncak mengalami peningkatan saat libur panjang Idul Adha 2022 atau lebaran kurban. Menurut Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) Cianjur, Jawa Barat, peningkatan mencapai 65 persen.

Okupansi hotel di Cianjur terus alami kenaikan selama beberapa bulan terakhir, seiring dengan mulai landainya kasus Covid 19 di sejumlah wilayah.

“Sejak libur sekolah hingga Sabtu sore atau satu hari menjelang Idul Adha, angka kunjungan meningkat hingga 65 persen dan diperkirakan akan terus meningkat hingga dua hari ke depan,” kata Ketua PHRI Cianjur, Nano Indrapraja (9/7).

“Tercatat 1.015 kamar anggota PHRI Cianjur sudah terisi hingga Sabtu petang. Rata-rata lama menginap dua hingga tiga hari didominasi pendatang dari Jabodetabek,” ungkapnya.

Sementara itu, peningkatan angka hunian di hari kerja dikarenakan libur sekolah. Kenaikan yang tercatat hinga 30 persen, jika dibandingkan dengan bulan sebelumnya.

Wisatawan yang datang memang masih didominasi wisatawan domestik. Untuk wisatawan asing juga sudah ada yang mulai menginap, namun jumlahnya masih rendah.

Wisatawan asing yang mulai datang menginap, berasal dari Timur Tengah, seperti Arab Saudi, Yaman dan Qatar.