HOLOPIS.COM, JAKARTA – Sate menjadi salah satu menu favorit bagi masyarakat, khususnya saat momentum hari raya iduladha seperti saat ini. Banyak stok daging kurban yang dibagikan sebagai bagian dari kesunnahan di dalam memeriahkan salah satu momentum suci umat Islam itu.

Kudapan yang satu ini tidak selalu menggunakan daging sapi, akan tetapi tidak sedikit juga yang menggunakan daging kambing untuk diolah menjadi makan tusuk.

Banyak masyarakat mengolah menu daging sate tersebut dengan berbagai bumbu. Namun yang paling khas dilakukan masyarakat adalah sate dengan saus kecap. Selain lezat, sate dengan saus kecap ini juga sangat praktik.

Lantas, bagaimana cara mudah membuat sate tanpa dibakar. Berikut resep yang bisa kamu perhatikan ;

Bahan baku dan bumbu
1. Daging (sapi atau kambing)
2. Daun pepaya
3. Bawang putih
4. Bawang merah
5. Ketumbar
6. Jahe
7. Lengkuas
8. Gula merah
9. Garam
10. Merica
11. Air asam jawa
12. Minyak goreng

Saus kecap
1. Tomat
2. Cabai rawit hijau
3. Cuka
4. Kecap manis

Cara bikin sate tanpa dibakar
1. Potong kecil-kecil daging sapi atau daging kambing.
2. Bungkus daging dengan daun pepaya, jadikan 2 sampai 3 lapis hingga benar-benar seluruh daging terbungkus rapat, lalu diamkan hingga sekitar 30 menit.
3. Buat bumbu untuk digunakan memarinasi daging nantinya. Caranya, campurkan 3 bawang putih dan 4 bawang merah, setengah sendok teh ketumbar, dua iris jahe, satu iris lengkuas, gula merah secukupnya, seperampat sendok garam, merica secukupnya, satu sendok teh air asam jawa. Kemudian blender sampai lembut.
4. Campurkan bumbu ke daging sampai merata. Kemudian diamkan sampai sekitar 15 menit sampai bumbu marinasi meresap dengan baik.
5. Tusuk-tusuk daging ke dalam babu atau lidi yang digunakan.
6. Siapkan teflon dan oleskan minyak goreng di atasnya. Lalu panggang sate sampai matang.
7. Buat saus kecap dengan cara ; potong-potong tomat dan cabai rawit hijau maupun merah, campur cuka dan kecap manis. Lalu aduk sampai rata.
8. Tuangkan saus kecap dan sate lezat siap disajikan.