Jumat, 20 September 2024
Jumat, 20 September 2024

PPATK Dalami Hubungan ACT dengan Al Qaeda

HOLOPIS.COM, JAKARTA – Kepala Pelaporan dan Analisis Transaksi Keuangan (PPATK), Ivan Yustiavandana menyampaikan, bahwa ada dugaan kuat bahwa aliran uang umat yang dihimpun oleh Aksi Cepat Tanggap (ACT) mengalir ke rekening seseorang yang terafiliasi dengan kelompok teroris Al Qaeda di Timur Tengah.

Hal ini disampaikan oleh Ivan berdasarkan database yang ia baca dalam konferensi pers di kantornya. Namun ia memberikan disclaimer, bahwa temuan ini belum mengerucut kepada hasil akhir apakah transaksi tersebut terkait dengan aktivitas terlarang atau tidak.

“Berdasarkan hasil kajian dari database yang PPTK miliki, ada yang terkait dengan pihak yang saat ini masih diduga yang bersangkutan (penerima) pernah ditangkap menjadi satu dari 19 orang yang ditangkap kepolisian Turki karena terkait dengan Al Qaeda,” kata Ivan, Rabu (6/7).

Ditegaskan dia, pihaknya tidak menjelaskan secara detail kapan transaksi terlarang tersebut dilakukan. Namun PPATK saat ini masih melakukan pendalaman apakah memang ada kaitannya secara aktif atau tidak antara ACT dengan kelompok Al Qaeda tersebut.

“Ini masih kajian lebih lanjut, ini memang ditujukan aktvitas lain atau kebetulan,” terang dia.

Selain itu, Ivan menemukan aliran keuangan ACT yang secara tidak langsung mengarah kepada aktivitas yang melanggar ketentuan perundang-undangan. Namun, Ivan juga tidak menjelaskan secara jelas maksud aktivitas tersebut.

Seperti diketahui, sebanyak 60 rekening dari 33 bank milik Aksi Cepat Tanggap (ACT) resmis diblokir Pelaporan dan Analisis Transaksi Keuangan (PPATK) per hari ini, Rabu (6/7). Tujuannya agar tidak ada lagi transaksi atau keluar masuknya uang sampai hasil investigasi tersebut rampung.

Temukan kami juga di Google News lalu klik ikon bintang untuk mengikuti. Atau kamu bisa follow WhatsaApp Holopis.com Channel untuk dapatkan update 10 berita pilihan dari redaksi kami.

Rekomendasi

berita Lainnya
Related

Ferry Koto Puji Gielbran Masuk PKB, Sindir Anies Baswedan

HOLOPIS.COM, JAKARTA - Influencer Ferry Koto memberikan reaksi positif...

SBY Main ke Rumah Prabowo, Diajak Ngopi Sambil Diskusi

Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) berkunjung ke kediaman presiden terpilih Prabowo Subianto di Jl Kertanegara No. 4 Jakarta Selatan, Kamis (19/9).

Indra Septiarman Sudah Ngaku Bunuh Nia

HOLOPPIS.COM, JAKARTA - Kapolres Padang Pariaman, AKBP Ahmad Faisol...
Prabowo Gibran 2024 - 2029
Ruang Mula

Berita Terbaru