HOLOPIS.COM, JAKARTA – Menteri Agraria dan Tata Ruang/Kepala Badan Pertanahan Nasional (BPN), Hadi Tjahjanto mengeluarkan sejumlah kebijakan baru untuk memaksimalkan pelayanan kepada masyarakat.

Salah satu kebijakan tersebut yakni penghapusan istirahat jam makan siang di kantor BPN. Artinya, segala layanan kepada masyarakat terkait pertanahan akan tetap buka pada jam makan siang.

“Pada saat jam makan siang mereka juga harus melayani, sehingga tidak ada istirahat, secara bergantian melayani, yang penting masyarakat terlayani dengan baik,” kata Menteri Hadi dalam konferensi pers di Kendal.

Selain itu, ia juga meminta seluruh kantor BPN di Indonesia untuk tetap beroperasi pada hari Sabtu-Minggu. Hal tersebut dilakukan untuk memfasilitasi masyarakat tidak memiliki waktu di hari kerja Senin-Jumat untuk mengurus surat tanahnya sendiri.

“Layanan prioritas untuk masyarakat yang ingin mengurus langsung termasuk pada hari Sabtu Minggu, kami berikan karpet merah,” ujarnya.

Mantan Panglima TNI ini beralasan, kebijakan berbagai kebijakan yang dilakukan pihaknya bertujuan untuk mengurangi penggunaan calo di kantor pertanahan. Sebab, maraknya penggunaan calo selama ini disebabkan oleh operasional kantor kantor pertanahan yang hanya dibuka pada saat hari kerja.

Sedangkan, lanjut dia, masyarakat yang hendak mengurus sendiri juga harus bekerja.

“Saya buka Sabtu Minggu untuk masyarakat yang bekerja dari Senin sampai Jumat, mereka libur, mereka punya waktu untuk mengurus sendiri, karena poin penting mengurus sendiri,” tukasnya.