HOLOPIS.COM, JAKARTA – Sekretaris Jenderal Komunitas Sahabat Jakarta Syarief Hidayatullah menyampaikan bahwa salah satu janji Ridwan Kamil adalah membangun dan merenovasi kembali Masjid Jakarta Islamic Center (JIC) yang terbakar Rabu, 19 Oktober 2022 lalu.

“Masjid JIC Jakarta Islamic Centre akan segera direnovasi oleh Bang RK Jika diberikan amanah (menjadi Gubernur DKJ -red),” kata Syarief kepada Holopis.com, Sabtu (28/9).

Hal ini disampaikan Syarief pasca mendengarkan langsung komitmen Ridwan Kamil dalam pertemuan dengan sejumlah tokoh dan ulama di Jakarta. Terlebih ia menilai bahwa Ridwan Kamil memang telah terbukti banyak berhasil membangun masjid di berbagai daerah di Indonesia.

“Bang Emil ini kan sudah banyak membangun masjid di Jawa Barat, Banten dan sebagainya. Ada yang besar Al Jabbar di Gedebage, Kota Bandung ya. Jadi kami percaya beliau mampu memperbaiki Masjid JIC,” ujarnya.

Di samping itu, salah satu janji Ridwan Kamil adalah tetap menjaga desain yang sudah ada di Masjid yang dibangun pada akhir tahun 2001 tersebut.

“Jadi bang Emil akan mendesain kembali tetapi tidak mengurangi dari desain yang telah ada jika dirinya diberikan amanah oleh Warga Jakarta,” tandasnya.

Lebih lanjut, Syarief pun mengatakan bahwa janji Ridwan Kamil akan menjaga estetika dan keindahan masjid agar lebih kekinian. Dengan pengalaman sebagai arsitek handal, ia pun percaya dengan komitmen Calon Gubernur Daerah Khusus Jakarta tersebut.

Sekadar diketahui Sobat Holopis, bahwa Masjid Jakarta Islamic Center berada di Kramat Jaya Raya, Tugu Utara, Kecamatan Koja, Jakarta Utara. Bangunan tempat ibadah umat Islam itu pertama kali digunakan pada hari Jumat, 6 September 2002. Kemudian masjid diresmikan oleh Gubernur Sutiyoso pada 4 Maret 2003.

Pertemuan Ridwan Kamil dengan tokoh masyarakat dan tokoh agama Jakarta tersebut dilangsungkan di Hotel Sofyan Inn Cut Meutya, Menteng, Jakarta Pusat pada hari Rabu (25/9).

Dalam kesempatan itu, Ridwan Kamil menyatakan siap menampung aspirasi para tokoh agama dan tokoh masyarakat tersebut untuk merenovasi Masjid JIC jika dirinya terpilih dalam Pilgub Jakarta 2024.

“Tentunya kami akan menambahkan dan mempercantik, memperindah keberadaan Masjid JIC yang telah kebakaran itu,” kata Ridwan Kamil.

Walaupun budget yang harus dikeluarkan sangat besar, mantan Gubernur Jawa Barat tersebut menyatakan bahwa hal itu bisa diupayakan dan masjid kembali bagus dan bisa menjadi kebanggaan bagi umat Islam khususnya di Jakarta.

“Untuk kepentingan umat, tentunya kami akan segerakan. Hal ini adalah Ini salah satu program aspirasi masyarakat mengingat bahwa separuh anggaran dari APBD Jakarta adalah aspirasi warga,” pungkasnya.