HOLOPIS.COM, PAPUA – TNI dari Satuan Tugas Batalyon Infanteri (Satgas Yonif) Raider 509/Balawara Yudha Kostrad terus berupaya membangun komunikasi dengan masyarakat Papua.

Dimana kali pasukan yang tergabung Komando Operasi HABEMA di Papua itu menyambangi Kampung Pesiga, Distrik Sugapa, di wilayah Kabupaten Intan Jaya, Provinsi Papua Tengah.

Sembari melaksanakan tugas Operasi Pengamanan Perbatasan Mobil RI-PNG pada Kamis (26/9), Tim Patroli Satgas Yonif 509 Kostrad Pos J2 pimpinan Letda Inf Nauval itu sembari melakukan interaksi dengan warga.

Langkah itu merupakan upaya melakukan Komunikasi Sosial (Komsos) di tengah-tengah kegiatan pengamanan wilayah.

Komandan Satgas Yonif 509 Kostrad, Letkol Inf Dian Dessiawan Setyadi, mengatakan bahwa Prajurit TNI harus selalu siap untuk hadir membantu masyarakat.

“TNI harus membantu kesulitan masyarakat di daerah tugas merupakan hal yang perlu dilakukan saat melaksanakan tugas pokok pengamanan wilayah,” ucap Dian dalam pernyataannya yang dikutip Holopis.com.

Dalam kegiatan Komsos dengan masyarakat Pesiga, TNI juga ingin mengetahui perkembangan kondisi keamanan serta kesulitan-kesulitan yang dihadapi oleh warga Kampung Pesiga.

Dengan tetap mengutamakan keamanan selama kegiatan, interaksi komunikasi yang harmonis antara para Prajurit TNI dengan para warga telah menghasilkan jalinan silaturahmi yang akrab antar kedua pihak.

Dalam rangka menambah keakraban, para Prajurit TNI membagikan bahan makanan yang dibutuhkan oleh para warga Kampung Pesiga. Para warga masyarakat sangat antusias menyambut kehadiran serta bantuan Satgas Yonif 509 Kostrad tersebut.

“Puji Tuhan, terima kasih Komandan 509. Tuhan memberkati,” ucap syukur Mama Dina Mujizau.

Sementara itu, Panglima HABEMA, Brigjen TNI Lucky Avianto menegaskan, pihaknya akan terus konsisten dalam melakukkan komunikasi sosial dan membantu warga.

“Inisiatif Satgas Yonif 509 Kostrad melaksanakan Komsos dan pembagian bahan makanan kepada warga Kampung Pesiga, merupakan kepedulian TNI memberikan bantuan pelayanan kebutuhan dasar masyarakat dalam rangka mendukung upaya percepatan pembangunan di wilayah Papua,” kata Lucky.