HOLOPIS.COM, KARAWANG – Warga Jatisari, Karawang, dan sekitarnya kini dapat mengakses layanan kesehatan khusus bedah di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Jatisari Karawang.

Rumah sakit ini telah menyediakan pelayanan Poli Bedah Umum yang ditangani oleh dokter spesialis berpengalaman di bidang bedah.

Salah satu dokter yang bergabung di RSUD Jatisari adalah dr. Dionisius Panji Wijarnako, Sp.B, lulusan universitas ternama di Bandung. Ia menjadi bagian penting dalam tim yang menangani operasi bedah di rumah sakit tersebut.

Menurut dr. Dionisius, RSUD Jatisari sebenarnya telah memberikan pelayanan bedah sejak masih berstatus sebagai Rumah Sakit Khusus Paru (RSKP), namun saat itu masyarakat hanya mengenal rumah sakit ini sebagai tempat untuk menangani keluhan paru-paru.

“Sejak awal kami sudah menangani operasi bedah, bahkan sebelum pandemi kami pernah melakukan operasi empedu. Namun karena sebelumnya rumah sakit ini dikenal sebagai rumah sakit khusus paru, masyarakat belum mengetahui bahwa kami juga melayani bedah umum,” ungkap dr. Dionisius, Rabu (25/09) seperti dikutip Holopis.com.

Setelah rebranding menjadi RSUD, pelayanan semakin berkembang, didukung dengan peralatan kesehatan yang lebih mutakhir dibandingkan rumah sakit lainnya di sekitar wilayah Karawang. 

Meskipun pasien yang datang masih belum terlalu banyak, namun dr. Dionisius optimis dengan perkembangan layanan ini.

Dalam penanganan pasien, dr. Dionisius menjelaskan bahwa pihaknya akan memberikan perawatan terlebih dahulu kepada pasien yang membutuhkan terapi lebih lanjut sebelum dirujuk ke rumah sakit lain. 

“Jika ada pasien dengan kondisi seperti kecelakaan atau patah tulang, kami akan menanganinya di sini. Jika diperlukan penanganan spesialistik lebih lanjut, kami akan memastikan pasien dalam kondisi stabil sebelum dirujuk,” jelasnya.

Selain menangani berbagai operasi bedah umum, RSUD Jatisari juga fokus pada tiga sub-spesialisasi, yaitu Onkologi (bedah tumor), Digestif (penanganan pencernaan dan organ dalam), serta Muscular (penanganan pembuluh darah).

Layanan Poli Bedah Umum di RSUD Jatisari Karawang tersedia setiap hari Senin hingga Jumat, mulai pukul 12.00 WIB hingga selesai. 

Masyarakat diharapkan dapat memanfaatkan layanan ini untuk mendapatkan perawatan bedah yang tepat dan berkualitas.