HOLOPIS.COMSebuah kecelakaan kereta kembali terjadi. Kali ini antara Kereta Api Taksaka dengan sebuah truk di kawasan Sedayu, Bantul, Yogyakarta.

Kereta yang mengalami insiden nahas tersebut adalah KA Taksaka Relasi Stasiun Gambir Jakarta-Stasiun Tugu Jogja dengan kendaraan truk pengaduk semen atau truk molen bernomor polisi (Nopol) B 9240 UIQ pada pukul 03.52 WIB pagi tadi.

Kejadian tertemper truk ini terjadi tepatnya perlintasan sebidang, JPL 714, KM 531+000 jalur hulu antara Stasiun Sentolo hingga Stasiun Rewulu.

Insiden ini viral di media sosial, salah satunya diunggah oleh akun Instagram @merapi_uncover.

“Kereta api taksaka lur , tadi pagi kecelakaan nabrak truk mixer di jalan sedayu. alhamdulillah gak ada korban jiwa,” tulis @merapi_uncercover seperti dikutip Holopis.com, Rabu (25/9).

Sementara itu, Manajer Humas PT KAI Daerah Operasional (Daop) 6 Jogja Krisbiyantoro menuturkan, kejadian berawal saat truk melintas tanpa mengindahkan sirene perlintasan kereta yang sudah berbunyi.

“Kejadian bermula ketika sopir truk tidak mengindahkan sirene atau isyarat bahwa kereta api akan lewat. Sehingga ia terjebak dan membuat temperan terjadi,” terang Krisbiyantoro.

Dalam peristiwa nahas itu, lokomotif Taksaka mengalami kerusakan pada sisi depan. Berupa penyok akibat menghantam truk molen. Selain itu juga gerbong yang berdekatan dengan lokomotif.

“Kondisi Lokomotif yang di temper truk mengalami rusak pada bagian depan hingga cow hanger menyentuh rel dan harus dilepas paksa. Kereta depan Eksekutif 1 juga mengalami rusak penyok pada bagian bordes,” jelasnya.

Akibat kecelakaan ini, gardu jaga JPL juga roboh diterjang truk yang terpental. Walau begitu petugas penjaga aman karena bisa menyelamatkan diri.

Krisbiyantoro memastikan tak ada korban atas kejadian ini. Baik kru kereta maupun penumpang KA Taksaka juga dalam kondisi selamat.

“Para penumpang KA diberikan Service Recovery dengan adanya keterlambatan kedatangan akibat kejadian ini,” ujarnya.