HOLOPIS.COM, JAKARTA – Wakil Menteri Pertanian (Wamentan), Sudaryono menyampaikan, bahwa pemerintah terus berupaya untuk mendukung para petani dalam menyelesaikan semua permasalahan yang ada di lahan pertanian.

Hal itu disampaikannya saat melakukan kunjungan kerja dalam rangka ‘Gerakan Percepatan Tanam’ di Desa Sekaran, Kecamatan Wonosari, Kabupaten Klaten, Jawa Tengah, pada Senin (23/9) kemarin.

“Fungsi dari pemerintah adalah membantu penyelesaian dan membantu para petani untuk mengatasi semua permasalahan yang ada di lahan pertanian,” kata Sudaryono dalam keterangannya, seperti dikutip Holopis.com, Selasa (24/9).

Dalam kesempatan itu, Wamentan yang akrab disapa Mas Dar itu menegaskan, bahwa petani seyogianya tidak boleh kesusahan dalam menjalankan produksi pangan.

“Petani itu kerjanya sudah sulit, jadi jangan sampai kesusahan. Maka tugas pemerintah menyediakan pupuk saat waktu tandur (tanam) dan dengan mekanisme yang lebih mudah dari yang sebelumnya, serta menjamin hasil panen petani dapat terserap,” tandasnya.

Selain memberikan arahan, Wamentan Sudaryono dalam kesempatan itu juga menyerahkan bantuan alat dan mesin pertanian (alsintan), berupa 20 unit traktor roda dua, sembilan unit traktor roda empat.

Diserahkan pula bantuan 392 ribu kilogram benih padi, 45 ribu kilogram benih jagung, 393 ribu kilogram pupuk NPK, dan beberapa bantuan pertanian lainnya.