HOLOPIS.COM, JAKARTA – Viral di media sosial, sebuah video hasil rekaman seorang pria yang meminta ambulans untuk menepi saat sedang melakukan penanganan darurat kepada pasien.

Adapun diketahui, kejadian tersebut terjadi di Jalan Raya Keramat Jati, Jakarta Timur, tepatnya di seberang Pusat Pendidikan Kesehatan TNI AD. Namun tidak diketahui pasti kapan kejadian itu berlangsung.

Adapun dalam video tersebut, terlihat seorang pria perekam video mulanya menegur petugas ambulans milik Dinas Kesehatan (Dinkes) DKI Jakarta, yang saat itu berhenti di tengah jalan.

Dari nada suaranya, perekam nampaknya geram lantaran keberadaan ambulans tersebut membuat lalu lintas di lokasi sekitar saat itu mengalami kemacetan.

“Ini bikin macet, kan bisa minggir ke situ,” kata perekam sembari mengarahkan kamera ke pinggir jalan kosong, seperti dikutip Holopis.com, Selasa (24/9).

Setelahnya, terdapat perdebatan panjang antara petugas ambulans dengan pria perekam video.

Dalam video yang diunggah oleh akun Instagram @memomedsos tersebut, terdengar wanita yang merupakan nakes di ambulans itu menjelaskan, bahwa pihaknya tengah melakukan tindakan darurat kepada pasien.

Dia menjelaskan, bahwa tindakan darurat tersebut adalah pemasangan infus, yang mana memang mengharuskan mobil ambulans untuk berhenti guna menghindari guncangan.

“Saya tahu (kalau macet) saya tangani (pasien) dulu sebentar, saya infus dulu baru saya jalan,” ujar nakes tersebut.

“Saya infus dulu, saya infus dulu, saya infus dulu baru saya jalan,” kata nakes teraebur kembali menegaskan.

Namun, si perekam tetap ngotot agar ambulans tersebut segera menepi agar kemacetan tidak bertambah panjang karena terhambat oleh adanya ambulans yang berhenti.

Kemudian, pihak ambulans dari Dinkes DKI Jakarta berjenis advance itu pun mengalah dan menepikan kendaraannya ke tepian jalan di depan.

Melihat aksi tersebut, netizen di kolom komentar unggahan @memomedsos pun geram. Tak sedikit yang mengecam aksi perekam yang meminta ambulans untuk menepi saat tengah melakukan tindakan darurat.

“Yak teman2 sekalian, berikut adalah cara mempermalukan diri sendiri,” tulis akun @fatahjadek.

“Macet bentar jg jalan, itu darurat kalo enggak ya ga bakal begitu, saling ngerti ajalah. Sok kerad malu sendiri,” tulis @bags_laks.

“Lu yang bikin macet pak, jadi debat kan. Harusnya udh beres udh beres tuh infusnya gbk,” timpal @preloved9033.