HOLOPIS.COM, JAKARTA – Menteri Luar Negeri China Wang Yi memberikan pesan kepada Menteri Luar Negeri Lebanon Abdallah Bou Habib bahwa China dengan tegas dan blak-blakan mendukung Lebanon.

China memilih untuk membantu Lebanon dalam menjaga kedaulatan serta keamanannya. Mereka mengutuk keras pelanggaran dari serangan udara skala besar yang dilakukan oleh Israel.

“Kami prihatin melihat kelanjutan situasi regional, terutama ledakan peralatan komunikasi baru-baru ini di Lebanon. Dengan tegas menentang serangan tanpa pandang bulu terhadap warga sipil,” demikian disampaikan Wang Yi, dikutip Holopis.com, Selasa (24/9).

China kemudian bekerja sama dengan negara-negara Arab lainnya untuk mengupayakan perdamaian di daerah Timur Tengah.

Wang menekankan bahwa kekerasan tidak akan bisa diselesaikan dengan kekerasan juga. Ia berpendapat bahwa konflik ini hanya akan menyebabkan bencana kemanusiaan yang lebih besar lagi.

Mereka juga menuntut agar komunitas internasional harus membentuk posisi yang lebih jelas dalam konflik yang saat ini lebih memanas.

PBB Khawatir Israel Akan Bunuh Banyak Warga Sipil

Sementara itu, PBB mengungkapkan kekhawatiran mereka bahwa Israel akan membunuh banyak masyarakat sipil Lebanon.

Sekretaris Jenderal PBB, Antonio Guterres mengaku prihatin melihat meningkatnya kekerasan di Timur Tengah dan kematian serta cederanya ratusan orang dalam serangan Israel di Lebanon.

“Sekretaris Jenderal sangat khawatir dengan meningkatnya situasi di sepanjang Garis Biru dan banyaknya kematian warga sipil, termasuk anak-anak dan perempuan, yang dilaporkan oleh pihak berwenang Lebanon, serta ribuan pengungsi selama serangan Israel yang intens,” kata juru bicara PBB dalam keterangan tertulisnya.