HOLOPIS.COM, JAKARTA – Komisioner KPU Jatim, Choirul Umam menyampaikan bahwa pelaksanaan pengundian nomor urut untuk Pilkada Jatim 2024 akan dilaksanakan pada Senin 23 September 2024 pukul 12.30 WIB.

“Pengundian nomor urut bagi 3 pasangan calon di Hotel Mercure Grand Mirama Surabaya,” kata Umam dalam keterangannya, Minggu (22/9) seperti dikutip Holopis.com.

Untuk sukseskan pelaksaan pengundian dan pengumuman nomor urut, KPU Jawa Timur akan membagikan 150 kartu akses masuk untuk masing-masing pendukung pasangan calon.

“Yang tidak membawa ID card, tentu tidak bisa masuk,” ujarnya.

Sekadar diketahui Sobat Holopis, bahwa Pilkada Jatim akan dihiasi oleh pertarungan tiga pasangan calon. Ketiganya telah ditetapkan sebagai pasangan Calon Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Timur untuk Pilkada 2024. Mereka antara lain ;

  1. Khofifah Indar Parawansa – Emil Elestianto Dardak,
  2. Luluk Nur Hamidah – Lukmanul Khakim, dan
  3. Tri Rismaharini – KH Zahrul Azhar Asumta (Gus Hans).

Penetapan tiga paslon tersebut disampaikan oleh Ketua KPU Provinsi Jawa Timur, Aang Kunaifi. Ia menyatakan bahwa ketiganya telah memenuhi syarat pendaftaran.

“Ketiganya memenuhi syrat dan diterima. Jadi, KPU Jawa Timur menyatakan bahwa Pilgub Jawa Timur dinyatakan diikuti 3 paslon,” kata Aang.

Kekuatan Politik Paslon Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Timur :

  • Khofifah – Emil (14 Parpol ) ; Gerindra, Golkar, Demokrat, NasDem, PAN, PKS, PPP, PSI, Perindo, Buruh, PBB, PKN, Gelora, Garuda, dan PRIMA.
  • Luluk – Lukmanul (1 parpol) ; PKB
  • Risma – Gus Hans (3 parpol) ; PDI Perjuangan (PDIP), Hanura, dan Ummat.