HOLOPIS.COM, JAKARTA – Menko Polhukam Hadi Tjahjanto sesumbar bahwa metode pendekatan yang mereka gunakan untuk pembebasan pilot Susi Air Philip Mark Mehrtens terbilang efektif.

Hadi menjelaskan bahwa metode melalui pendekatan para tokoh menjadi kunci keberhasilan pembebasan Philips.

“Karena ini pendekatan dari tokoh agama, tokoh gereja, tokoh masyarakat, TNI, Polri,” kata Hadi Tjahjanto dalam keterangannya yang dikutip Holopis.com, Senin (23/9).

Oleh karena itu, Hadi yang juga merupakan mantan Panglima TNI itu menyebut bahwa metode serupa akan digunakan apabila kasus serupa kembali terulang.

“Iya (gunakan metode sama),” ucapnya.

Dia mengatakan bahwa pembebasan Pilot Philip yang disandera selama 19 bulan oleh KKB/OPM telah diupayakan dalam waktu yang cukup panjang.

“Kita memang melakukan konfigurasi yang cukup panjang karena kita pikir bahwa keselamatan pilot adalah yang utama, sehingga keberhasilan ini adalah keberhasilan kita semua,” tuntasnya.

Philip diketahui berhasil bebas dari penyanderaan yang dilakukan oleh Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) pimpinan Egianus Kogoya selama 1 tahun tujuh bulan di Kabupaten Nduga, Papua Pegunungan, sejak 7 Februari 2023 lalu.