Sabtu, 21 September 2024
Sabtu, 21 September 2024

Ngasiman Djoyonegoro Apresiasi Negara Sukses Bebaskan Pilot Susi Air

HOLOPIS.COM, JAKARTA – Analis intelijen, pertahanan, dan keamanan, Ngasiman Djoyonegoro memberikan apresiasi kepada Menhan Prabowo Subianto, TNI, dan Polri yang telah berhasil membebaskan pilot Susi Air Kapten Philip Mark Mehrtens dari Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) Papua.

“Apresiasi setinggi-tingginya kami sampaikan kepada Presiden Joko Widodo, Menteri Pertahanan Prabowo Subianto, Kepolisian Republik Indonesia (POLRI), Tentara Nasional Indonesia (TNI), Badan Intelijen Negara (BIN), Pemerintah Daerah Papua, Tokoh Agama, dan Tokoh Adat Papua serta seluruh pihak yang berkontribusi dalam pembebasan Kapten Philip,” kata pria yang akrab dipanggil Simon ini kepada Holopis.com, Sabtu (21/9).

Menurut Simon, upaya pembebasan yang dilakukan melalui pendekatan yang lembut (soft approach) dan tanpa kekerasan.

Hal ini sekaligus menunjukkan bahwa dalam menghadapi ancaman nasional, pendekatan yang sifatnya minim kekerasan dapat dilakukan secara efektif.

“Ini menunjukkan bahwa ada terobosan baru untuk menangani permasalahan KKB di Papua ini,” ujarnya.

Kemudian, Simon juga menilai bahwa pendekatan model ini bukan hal yang pertama dilakukan oleh aparat pertahanan dan keamanan. Bahkan untuk beberapa pengalaman pernah dilakukan dan berhasil sukses.

“Misalnya, dulu waktu menyelesaikan persoalan di Aceh, kita juga menggunakan pendekatan soft power ini,” sambungnya.

Lebih lanjut, Simon merasa optimis bahwa pola ini dapat dijadikan satu acuan bersama-sama, oleh TNI, Polri dan jajaran pemerintahan serta tokoh-tokoh lainnya dalam menyelesaikan persoalan ancaman nasional.

“Kita berharap, hal ini menjadi awal untuk masa depan Papua yang lebih baik, mengingat berbagai kekerasan yang menimbulkan korban jiwa di masa lalu sangat merugikan masyarakat,” pungkasnya.

Temukan kami juga di Google News lalu klik ikon bintang untuk mengikuti. Atau kamu bisa follow WhatsaApp Holopis.com Channel untuk dapatkan update 10 berita pilihan dari redaksi kami.

Rekomendasi

berita Lainnya
Related

Kapolri Puji Kekompakan TNI Polri Sukses Selamatkan Pilot Susi Air

Kapolri Jenderal Polisi Listyo Sigit Prabowo menyampaikan rasa syukur atas suksesnya misi penyelamatan pilot Susi Air, Kapten Philip Mark Mehrtens dari sanderaan KKB Papua.

Kejagung Sukses Lelang Barang Rampasan Hingga Rp 13 Miliar

Badan Pemulihan Aset Kejaksaan Agung berhasil melakukan proses lelang barang rampasan Skandal Pelabuhan atas nama terpidana Leslie Girianza Hermawan yang juga Direktur PT. Eldin Citra.

Menhan Prabowo Pantau Langsung Proses Pembebasan Pilot Susi Air

Proses pembebasan pilot Susi Air Kapten Philip Mark Mehrtens mendapatkan pengawasan penuh dari pemerintah, khususnya Menteri Pertahanan Prabowo Subianto.
Prabowo Gibran 2024 - 2029
Ruang Mula

Berita Terbaru