Kamis, 19 September 2024
Kamis, 19 September 2024

KPK Buka Peluang Klarifikasi Kolega Kaesang Berinisial Y Pemberi Fasilitas Jet Pribadi

HOLOPIS.COM, JAKARTA – Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) buka peluang mengklarifikasi kolega Ketua Umum Partai Solidaritas Indonesia (PSI) Kaesang Pangarep yang diklaim memberi tumpangan jet pribadi.

Sosok teman yang diklaim memberi tumpangan jet pribadi saat Pangarep dan istrinya, Erina Sofia Gudono pergi ke Amerika Serikat berinisial Y. 

“Inisial Y kalau ngga salah (nama) depannya. Tapi kita nggak tahu nih, bener nggak nama lengkapnya ini,” kata Deputi Pencegahan dan Monitoring KPK Pahala Nainggolan di Gedung ACLC KPK, Rasuna Said, Jakarta Selatan, seperti dikutip Holopis.com, Selasa (17/9).

Pun demikian, untuk kepastian sosok teman Kaesang pemberi tumpangan jet pribadi tersebut akan dikonfirmasi lebih lanjut. 

“WNI apa WNA atau apa. Jadi dia bilang pesawat punya siapa, nanti kita konfirmasi lagi,” imbuhnya.

Sosok Y mengemuka usai Kaesang melaporkan penggunaan fasilitas jet pribadi saat dia berpergian ke Amerika Serikat bersama istrinya, di Gedung ACLC KPK, pada hari ini. KPK akan mendalami sosok inisial Y yang menurut pengakuan Kaesang diberikan tumpangan privat jet.

“Kita lihat ya, kita lihat apakah bener begitu. Kita konfirmasi pasti,” ujar Pahala.

Dalam kesempatan ini, Pahala mengungkapkan jika Kaesang mengisi formulir gratifikasi sebagai anak dari penyelenggara negara. Sehingga, sambung Pahala, pelaporan itu tak berurusan dengan Gibran Rakabuming Raka selaku kakak Kaesang. 

“Di formulir disebut Kaesang melapor sebagai anak penyelenggara negara, jadi tidak ada urusan sama kakak-nya kan. kalau anak penyelenggara negara, berarti dengan ayahnya,” tutur Pahala.

Pun demikian, KPK belum bisa memastikan apakah akan memanggil dan meminta klarifikasi Presiden Joko Widodo (Jokowi) selaku ayah Kaesang. Yang jelas, Direktorat Gratifikasi KPK minta waktu memproses laporan gratifikasi yang disampaikan oleh Kaesang.

“Namanya belum tentu, kan, bisa jadi iya, bisa jadi enggak. Kita lihat saja gitu, kalau memang perlu yang jelas kesiapan dibilang nebeng, ya, kita konfirmasi, misalnya,” kata Pahala.

Kaesang sebelumnya telah mengklarifikasi perihal jet pribadi yang digunakannya bersama sang istri, Erina Gudono ke Komisi Pemberantasan korupsi (KPK) pada hari ini, Selasa (17/9).

Putra sulung Presiden Jokowi ini menyebut hanya menumpang alias nebeng jet pribadi temannya saat ke Amerika Serikat (AS) pertengahan Agustus lalu itu. 

“Tadi saya juga di dalam mengklarifikasi mengenai perjalanan saya di tanggal 18 Agustus ke Amerika Serikat, yang menumpang atau bahas bekennya nebeng lah, nebeng pesawatnya teman saya,” ungkap Kaesang usai menyambangi Gedung Anti-Corruption Learning Center Komisi Pemberantasan Korupsi (ACLC KPK), Jakarta Selatan. 

Pun demikian, Kaesang tak menjelaskan lebih jauh mengenai temannya yang memiliki pesawat jet itu. Kaesang meminta awak media untuk bertanya langsung kepada KPK dan kuasa hukumnya mengenai penggunaan jet pribadi tersebut. 

“Jadi intinya untuk lebih lanjutnya bisa ditanyakan ke KPK untuk lebih detilnya dan lebih lanjutnya,” ucap Kaesang. 

Temukan kami juga di Google News lalu klik ikon bintang untuk mengikuti. Atau kamu bisa follow WhatsaApp Holopis.com Channel untuk dapatkan update 10 berita pilihan dari redaksi kami.

Rekomendasi

berita Lainnya
Related

Jokowi Resmi Berhentikan Pramono Anung, Pratikno Ditunjuk Jadi Plt

Presiden Jokowi dipastikan telah menandatangani surat pemberhentian Pramono Anung dari jabatannya sebagai Sekertaris Kabinet.

Tok! DPR Sahkan UU APBN 2025

DPR RI akhirnya resmi mengesahkan Rancangan Undang-Undang (RUU) Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) 2025 menjadi UU APBN 2025

Kasus Video Bokep Mirip Azizah Salsha Diklaim Segera Naik ke Penyidikan

Selebgram Azizah Salsha mengklaim bahwa kasus pencemaran nama baik termasuk kasus video porno yang disebut mirip dirinya telah mengalami perkembangan signifikan.
Prabowo Gibran 2024 - 2029
Ruang Mula

Berita Terbaru