Kamis, 19 September 2024
Kamis, 19 September 2024

Kurangi Ketergantungan Cloud Global, Sidik Cyber Tawarkan Security System dengan TKDN Tinggi

Lebih dari itu, Yonathan juga menerangkan bahwa dalam penerapan cyber security, sistem yang dijalankan harus benar-benar bisa beradaptasi dengan berbagai aspek. Termasuk kebutuhan antisipasi risiko serangan, kebutuhan pelayanan hingga kesesuaian regulasi.

“Di sinilah peran SIDIK CYBER dan TKMT menjadi krusial dalam membangun solusi berbasis lokal yang tidak hanya menyesuaikan diri dengan ancaman global, tetapi juga menghadirkan inovasi yang kontekstual dengan kebutuhan di Indonesia,” tegas Yonathan.

Terakhir, ia menegaskan bahwa sudah saatnya kolaborasi teknologi lokal mengambil kesempatan yang baik untuk bersaing dalam mewujudkan merdeka teknologi dan kedaulatan digital.

“Dalam menghadapi tantangan keamanan siber yang semakin kompleks, Indonesia harus berdiri di garis depan dengan memanfaatkan kekuatan dan potensi karya anak bangsa. Kemandirian teknologi dan TKDN yang tinggi adalah kunci untuk mencapai kedaulatan digital yang sesungguhnya,” pungkasnya.

Sebelumnya diberitakan, bahwa Fortinet tengah mengalami pelanggaran keamanan pada server Microsoft Azure SharePoint mereka, yang dieksploitasi oleh aktor ancaman Fortibitch.

Serangan terhadap salah satu perusahaan keamanan siber terbesar di USA ini dilaporkan melibatkan pencurian dan pengungkapan 440 GB data. Meski Fortinet menyatakan bahwa hanya 0,3% dari data pelanggan yang terdampak, peristiwa ini tetap menunjukkan kelemahan dalam infrastruktur keamanan siber yang bergantung pada penyedia layanan cloud global. Artinya, sekitar 775.000 pelanggannya di seluruh dunia terdampak pada serangan siber ini, yang berarti jumlah mempengaruhi sekitar 2.325 organisasi.

Temukan kami juga di Google News lalu klik ikon bintang untuk mengikuti. Atau kamu bisa follow WhatsaApp Holopis.com Channel untuk dapatkan update 10 berita pilihan dari redaksi kami.

Rekomendasi

berita Lainnya
Related

Teguh Sebut Data Ditjen Pajak yang Dijual Bjorka ada Nama Jokowi

HOLOPIS.COM, JAKARTA - Konsultan keamanan siber sekaligus pendiri Ethical...

KAI Catat Peningkatan Volume Kendaraan Parkir di Lima Stasiun

PT Kereta Api Indonesia atau KAI (Persero) melalui KAI Service mencatat adanya peningkatan kendaraan di area parkir stasiun. Setidaknya selama bulan Agustus 2024, peningkatan terjadi di sebanyak lima stasiun yakni Stasiun Gambir, Stasiun Pasar Senen, Stasiun Bandung Selatan, Stasiun Semarang Tawang dan Stasiun Bandung Utara.

Waspada Kerentanan Siber, Tips Bebas dari Ancaman Spyware dan Ransomware

HOLOPIS.COM, JAKARTA - Di era digital yang serba cepat...
Prabowo Gibran 2024 - 2029
Ruang Mula

Berita Terbaru