Kamis, 19 September 2024
Kamis, 19 September 2024

Kurangi Ketergantungan Cloud Global, Sidik Cyber Tawarkan Security System dengan TKDN Tinggi

HOLOPIS.COM, JAKARTA – CEO Sidik Cyber, Yonathan Yeremia memberikan respons atas kasus kebocoran data yang tengah dialami oleh salah satu perusahaan cyber security terbesar di Amerika Serikat, Fortinet.

Menurutnya, kebocoran data Fortinet hingga berdampak pada 0,3 persen data pelanggan mereka menjadi salah satu bukti ancaman data global yang terjadi dewasa ini.

“Meski Fortinet menyatakan bahwa hanya 0,3% dari data pelanggan yang terdampak, peristiwa ini tetap menunjukkan kelemahan dalam infrastruktur keamanan siber yang bergantung pada penyedia layanan cloud global,” kata Yonathan dalam keterangannya, Minggi (15/9) seperti dikutip Holopis.com.

Ia mengatakan bahwa ketergantungan pada sistem penyedia cloud system global. Apalagi serangan terhadap Microsoft Azure SharePoint dalam insiden Fortinet menjadi salah satu catatan besarnya. Yang mana ketika infrastruktur cloud asing seperti Azure digunakan oleh perusahaan-perusahaan global untuk mengelola data mereka, ancaman terhadap kedaulatan digital menjadi lebih signifikan.

“Peretas Fortibitch telah mengekspose data yang dicuri dan menyimpannya di Amazon S3 bucket, menambah kerentanan data yang telah terekspos ke infrastruktur asing lainnya,” ujarnya.

Oleh sebab itu, Yonathan mengatakan bahwa kasus-kasus serangan keamanan siber yang saat ini tengah marak terjadi menjadi salah satu aspek yang menjadi perhatian serius. Salah satunya bagaimana pengelolaan cloud system tak selalu mengandalkan layanan global.

“Layanan TKMT Risk Manajemen yang memiliki Tingkat Kandungan Dalam Negeri (TKDN) sebesar 69,19% memberikan solusi berbasis lokal untuk manajemen risiko keamanan siber yang lebih kuat dan independen dari ketergantungan asing,” terangnya.

Dengan memprioritaskan penggunaan teknologi lokal, Yonathan mengaku bahwa layanan TKMT Risk Management tidak hanya memperkuat pertahanan terhadap ancaman luar, tetapi juga memastikan bahwa pengelolaan data penting dilakukan dengan kendali penuh oleh anak bangsa

Di sisi lain, Yonathan juga menjelaskan bahwa sebuah sistem keamanan siber yang efektif tidak hanya harus siap merespons insiden, tetapi juga harus mampu mengidentifikasi dan mencegah serangan sebelum data terekspos.

“Kami menggunakan mekanisme pencegahan, deteksi dini, dan penanganan insiden yang lebih adaptif terhadap ancaman lokal maupun global. Pendekatan ini memungkinkan mitigasi risiko yang lebih cepat dan efektif sebelum maupun ketika menghadapi serangan seperti yang dialami oleh Fortinet,” tuturnya.

Temukan kami juga di Google News lalu klik ikon bintang untuk mengikuti. Atau kamu bisa follow WhatsaApp Holopis.com Channel untuk dapatkan update 10 berita pilihan dari redaksi kami.

Rekomendasi

berita Lainnya
Related

Teguh Sebut Data Ditjen Pajak yang Dijual Bjorka ada Nama Jokowi

HOLOPIS.COM, JAKARTA - Konsultan keamanan siber sekaligus pendiri Ethical...

KAI Catat Peningkatan Volume Kendaraan Parkir di Lima Stasiun

PT Kereta Api Indonesia atau KAI (Persero) melalui KAI Service mencatat adanya peningkatan kendaraan di area parkir stasiun. Setidaknya selama bulan Agustus 2024, peningkatan terjadi di sebanyak lima stasiun yakni Stasiun Gambir, Stasiun Pasar Senen, Stasiun Bandung Selatan, Stasiun Semarang Tawang dan Stasiun Bandung Utara.

Waspada Kerentanan Siber, Tips Bebas dari Ancaman Spyware dan Ransomware

HOLOPIS.COM, JAKARTA - Di era digital yang serba cepat...
Prabowo Gibran 2024 - 2029
Ruang Mula

Berita Terbaru