Kamis, 19 September 2024
Kamis, 19 September 2024

4 Khasiat Daun Selada yang Sering Jadi Pelengkap Makanan

HOLOPIS.COM, JAKARTA – Hampir semua makanan pasti dilengkapi dengan selada. Selain mudah dan cocok digabungkan ke makanan mana pun, buah selada juga memiliki manfaat kesehatan.

Tak hanya memberikan kontribusi warna hijau sebagai garnish makanan, selada juga sering ditemukan di menu cepat saji seperti burger, roti lapas, dll.

Selain jadi pelengkap makanan, ini dia khasiat daun selada yang jangan sampai Soba Holopis abaikan.

1. Menyediakan Nutrisi dan Vitamin

Daun selada merupakan sumber nutrisi penting seperti vitamin A, C, K, dan folat. Vitamin A mendukung kesehatan mata dan sistem kekebalan tubuh, sementara vitamin C berfungsi sebagai antioksidan yang melindungi sel-sel tubuh dari kerusakan akibat radikal bebas.

Vitamin K penting untuk kesehatan tulang dan pembekuan darah, sedangkan folat sangat bermanfaat untuk pembuatan sel-sel darah merah dan perkembangan sel.

2. Menjaga Kesehatan Pencernaan

Daun selada mengandung serat yang tinggi, yang membantu meningkatkan kesehatan pencernaan. Serat membantu memperlancar pergerakan usus dan mencegah sembelit. Konsumsi daun selada secara rutin dapat mendukung fungsi sistem pencernaan dan membantu menjaga keseimbangan mikrobiota usus.

3. Menurunkan Risiko Penyakit Jantung

Daun selada kaya akan senyawa antioksidan dan fitonutrien seperti lutein dan zeaxanthin. Senyawa-senyawa ini dapat membantu mengurangi peradangan dan risiko penyakit jantung. Selain itu, kandungan potasium dalam daun selada membantu menjaga tekanan darah tetap stabil, yang penting untuk kesehatan jantung.

4. Menyokong Kesehatan Kulit

Vitamin dan mineral yang terdapat dalam daun selada juga berperan penting dalam menjaga kesehatan kulit. Vitamin A dan C membantu memperbaiki kerusakan kulit dan mendukung produksi kolagen, sedangkan vitamin K dapat membantu memperbaiki penampilan kulit yang memar atau bengkak.

Mengonsumsi daun selada secara rutin dapat memberikan kulit tampak lebih sehat dan bercahaya.

Daun selada bukan hanya bahan salad atau pelengkap makanan yang lezat tetapi juga memberikan banyak manfaat kesehatan yang penting.

Jika menemukan selada di makanan, jangan dibuan yang Sobat Holopis!

Temukan kami juga di Google News lalu klik ikon bintang untuk mengikuti. Atau kamu bisa follow WhatsaApp Holopis.com Channel untuk dapatkan update 10 berita pilihan dari redaksi kami.

Rekomendasi

berita Lainnya
Related

BNPB : Ratusan Warga Terdampak Gempa Bandung Raya

BNPB (Badan Nasional Penanggulangan Bencana) mengungkapkan data terbaru pasca bencana gempa berkekuatan 5,0 M yang melanda kawasan Bandung Raya, Provinsi Jawa Barat.

Waskita Karya Garap 24 Bendungan, Progres 2 proyek Sudah Tembus 90 Persen

HOLOPIS.COM, JAKARTA -  PT Waskita Karya (Persero) Tbk telah...
Prabowo Gibran 2024 - 2029
Ruang Mula

Berita Terbaru