Rabu, 18 September 2024
Rabu, 18 September 2024

Hari Kunjung Perpustakaan, Momentum Tingkatkan Minat Baca dan Literasi Masyarakat

HOLOPIS.COM, JAKARTA – Setiap tanggal 14 September, Indonesia memperingati Hari Kunjung Perpustakaan, sebuah momentum penting untuk mengingatkan kita semua akan pentingnya perpustakaan dalam membangun kecerdasan dan literasi bangsa.

Peringatan ini memiliki sejarah panjang dan tujuan yang sangat mulia, yaitu meningkatkan minat baca masyarakat, serta memperkuat peran perpustakaan sebagai pusat informasi, pendidikan, dan kebudayaan.

Sejarah Hari Kunjung Perpustakaan

Dikutip Holopis.com dari laman resmi Perpusnas RI, Hari Kunjung Perpustakaan dicanangkan pertama kali pada tahun 1995 di era pemerintahan Presiden Soeharto. Pada waktu itu, perpustakaan dinilai sebagai jantung pendidikan. Namun, minat baca masyarakat masih tergolong rendah.

Oleh karena itu, Kepala Perpustakaan Nasional RI Pertama, Mastini Hardjoprakoso mengusulkan pencanangan Hari Perpustakaan. Kemudian dikeluarkan Ketetapan Presiden Soeharto kepada Kepala Perpustakaan Nasional RI dengan Surat Nomor 020/A1/VIII/1995 tertanggal 11 Agustus 1995.

Surat tersebut berisi usulan pencanangan Hari Kunjung Perpustakaan untuk diperingati pada tanggal 14 September, sebagai upaya agar perpustakaan dapat lebih diakses oleh masyarakat dan menjadi sumber informasi yang relevan bagi semua kalangan, mulai dari pelajar, mahasiswa, hingga masyarakat umum.

“Presiden Soeharto memiliki harapan dengan adanya ketetapan tersebut dapat memberikan tujuan yang positif bagi gerakan aktivis intelektual di Indonesia, terutama di dalam menyebarkan budaya membaca generasi bangsa Indonesia,” dalam keterangan yang dikutip dari laman resmi Perpusnas RI.

Tantangan dan Peluang

Walaupun Hari Kunjung Perpustakaan diperingati setiap tahun, masih banyak tantangan yang dihadapi perpustakaan di Indonesia. Beberapa di antaranya adalah :

  • Minimnya Anggaran : Beberapa perpustakaan, terutama di daerah terpencil, masih menghadapi keterbatasan dana operasional yang berdampak pada kelengkapan koleksi buku dan fasilitas.
  • Rendahnya Minat Baca : Meskipun berbagai upaya telah dilakukan untuk meningkatkan minat baca, survei menunjukkan bahwa indeks minat baca masyarakat Indonesia masih tergolong rendah jika dibandingkan dengan negara lain.

Namun, di balik tantangan tersebut, perpustakaan juga memiliki peluang besar untuk berinovasi. Salah satunya melalui digitalisasi. Perpustakaan digital seperti iPusnas, yang dikelola oleh Perpustakaan Nasional Indonesia, telah memberikan akses lebih luas kepada masyarakat untuk membaca buku secara online, mengunduh buku elektronik, dan mendapatkan informasi ilmiah kapan pun dan di mana pun.

Sobat Holopis, Hari Kunjung Perpustakaan yang diperingati setiap tanggal 14 September adalah momen penting untuk merefleksikan kembali betapa berharganya perpustakaan dalam membangun masyarakat yang cerdas dan literat.

Dengan dukungan dari pemerintah, masyarakat, dan perpustakaan itu sendiri, kita dapat mendorong terciptanya generasi yang mencintai literasi, inovatif, serta berwawasan luas.

Selamat Hari Kunjung Perpustakaan! Teruslah membaca, karena dengan membaca kita bisa menaklukkan dunia. Mari manfaatkan perpustakaan sebagai jendela dunia yang menawarkan ilmu pengetahuan tanpa batas.

Temukan kami juga di Google News lalu klik ikon bintang untuk mengikuti. Atau kamu bisa follow WhatsaApp Holopis.com Channel untuk dapatkan update 10 berita pilihan dari redaksi kami.

Rekomendasi

berita Lainnya
Related

Hari Perhubungan Nasional 17 September, Begini Sejarahnya

Setiap tanggal 17 September, Indonesia memperingati Hari Perhubungan Nasional atau yang biasa disebut Harhubnas. Peringatan ini merupakan momentum penting bagi kita untuk merefleksikan dan mengapresiasi peran vital sektor perhubungan dalam mendukung pembangunan nasional.

Hari Palang Merah Nasional 17 September, Begini Sejarahnya

Hari Palang Merah Nasional diperingati setiap tanggal 17 September, yang pertama kali diresmikan dan diketahui oleh Drs. Mohammad Hatta pada tahun 1945.

Hari Ozon Internasional, 16 September : Simak Tema dan Sejarahnya

Hari Ozon Internasional diperingati pada 16 September di setiap tahunnya, dimana hari besar tersebut diperingati bertujuan untuk meningkatkan kesadaran masyarakat dunia agar lebih mengenal mengenai ozon bumi itu sendiri.
Prabowo Gibran 2024 - 2029
Ruang Mula

Berita Terbaru