Rabu, 18 September 2024
Rabu, 18 September 2024

Nawawi Tak Sudi Anggap Megawati Sebagai Pelopor Lahirnya KPK

HOLOPIS.COM, JAKARTA – Ketua KPK sementara Nawawi Pomolango memperingatkan Megawati Soekarnoputri untuk tidak merasa menjadi orang paling berjasa atas berdirinya lembaga superbody tersebut.

Nawawi kemudian bercerita awal mula pembentukan KPK di zaman reformasi melalui UU 31/1999 tentang Tindak Pidana Pemberantasan Korupsi. Dimana dalam Pasal 42 UU tersebut, KPK seharusnya dibentuk paling lambat 2 tahun setelah UU itu disahkan pada 16 Agustus 1999.

Namun, hingga 16 Agustus 2001 Megawati sebagai presiden kemudian malah tak kunjung membentuk KPK pada saat itu.

“Apakah 16 Agustus 2001 KPK sudah ada? Kaga nongol bayi itu. Padahal ini perintah UU. Tidak melaksanakan perintah UU sama dengan melanggar UU, sarat sebuah pemerintahan untuk di impeachment,” kata Nawawi dalam pernyataannya pada Kamis (12/9) seperti dikutip Holopis.com.

“Pada 27 Desember 2002 dengan UU 30/2002, bayi itu telat lahir 1 tahun 4 bulan,” imbuhnya.

Kelahiran KPK pada saat itu pun kembali ditegaskan Nawawi, lagi-lagi bukan karena Megawati Soekarnoputri melainkan karena derasnya desakan masyarakat saat itu.

“Siapa yang terus berusaha, terus bersemangat seperti yang diperintahkan UU? itulah peran dari para rekan-rekan pegiat antikorupsi, mereka yang terus berteriak. Lahirnya di zaman pemerintahan Megawati. Tetapi, bayi ini lahir karena tuntutan reformasi,” tegasnya.

Nawawi lantas meminta publik untuk tidak membolak-balikkan fakta. Ia mengatakan jangan ada anggapan seolah-olah KPK dibentuk karena Megawati.

“Jangan dibalik. Seakan-akan bayi ini (KPK) anak kandung pemerintahan Megawati, yang lahir di jaman reformasi. Jangan dibuat seperti itu,” tandasnya.

Temukan kami juga di Google News lalu klik ikon bintang untuk mengikuti. Atau kamu bisa follow WhatsaApp Holopis.com Channel untuk dapatkan update 10 berita pilihan dari redaksi kami.

Rekomendasi

berita Lainnya
Related

Keterangan Y Jadi Kunci Kaesang Terima Gratifikasi atau Tidak

HOLOPIS.COM, JAKARTA - Mantan penyidik KPK, Yudi Purnomo Harapan...

Pansel Tetapkan 12 Calon Anggota Kompolnas

HOLOPIS.COM, JAKARTA - Ketua Panitia Seleksi Calon Anggota Kompolnas...

PDIP Ngebet Pertemuan Prabowo-Megawati Segera Berlangsung

PDIP mengaku tidak sabar wacana pertemuan Prabowo Subianto dengan Megawati Soekarnoputri bisa segera terealisasi dalam waktu dekat.
Prabowo Gibran 2024 - 2029
Ruang Mula

Berita Terbaru