Rabu, 18 September 2024
Rabu, 18 September 2024

KPU : 2 Cagub-Cawagub Jateng Penuhi Syarat Maju Pilgub

HOLOPIS.COM, JAKARTA – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Jawa Tengah telah menyatakan dua bakal pasangan calon Gubernur-Wakil Gubernur (cagub-cawagub) Jawa Tengah (Jateng) telah memenuhi syarat untuk maju dalam Pilkada 2024.

Adapun kedua bakal pasangan cagub-cawagub tersebut, yakni Ahmad Luthfi-Taj Yasin Maimoen dan Andika Perkasa-Hendrar Prihadi.

Ketua KPU Jateng, Handi Tri Ujiono mengatakan, bahwa perbaikan dan klarifikasi atas dokumen yang diperlukan sudah dilakukan oleh keempat bakal calon tersebut.

“Dokumen yang belum memenuhi syarat sudah dilakukan perbaikan dan diklarifikasi,” ujar Handi dalam keterangannya, seperti dikutip Holopis.com, Jum’at (13/9).

Selanjutnya, KPU Jateng akan menetapkan kedua kandidat tersebut menjadi pasangan calon gubernur dan wakil gubernur pada 22 September 2024 mendatang.

Sehari setelahnya, KPU akan mengundi nomor urut pada 23 September 2024, sebelum masa kampanye yang akan dimulai pada 25 September 2024.

Adapun sebelum masa kampanye, KPU akan berkonsolidasi terlebih dahulu tentang pelaporan tim pemenangan, jadwal kampanye, serta pelaporan rekening dana kampanye.

“Hingga saat ini, belum ada pasangan calon yang melaporkan tim pemenangan ke KPU,”ujarnya.

Sebagai informasi, bahwa KPU Jateng sebelumnya telah menerima pendaftaran dua pasangan bakal calon Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Tengah di masa pendaftaran yang berlangsung pada 27-29 Agustus 2024 lalu.

Pasangan Ahmad Luthfi-Taj Yasin Maimoen didukung gabungan Partai Gerindra, Partai Kebangkitan Bangsa, Partai Golkar, Partai Persatuan Pembangunan, Partai NasDem, Partai Keadilan Sejahtera, Partai Amanat Nasional, Partai Demokrat dan Partai Solidaritas Indonesia, dengan total suara sah 13,7 juta suara.

Sementara pasangan Andika Perkasa-Hendrar Prihadi hanya diusung oleh satu partai politik saja, yakni PDIP dengan total suara sah hasil Pemilu 2024 sebanyak 5,2 juta suara.

Temukan kami juga di Google News lalu klik ikon bintang untuk mengikuti. Atau kamu bisa follow WhatsaApp Holopis.com Channel untuk dapatkan update 10 berita pilihan dari redaksi kami.

Rekomendasi

berita Lainnya
Related

PDIP Tunjuk Bambang Pacul Jadi Ketua Tim Pemenangan Andika-Hendrar

PDIP telah memutuskan pilihan mereka untuk mengisi jabatan ketua tim pemenangan Andika Perkasa dan Hendrar Prihadi di Pilkada Jawa Tengah 2024.

Sudaryono Tegaskan Tak Ada Perang Bintang di Pilgub Jateng

Ketua DPD Partai Gerindra Jawa Tengah Sudaryono menegaskan tidak ada perang bintang dalam kontestasi pemilihan gubernur Jawa Tengah (Pilgub Jateng) yang akan berlangsung pada November mendatang.

Punya DNA Jawa, Luthfi-Yasin Dinilai Cocok Pimpin Jateng

Bakal pasangan calon gubernur dan wakil gubernur Jawa Tengah (Jateng), Ahmad Luthfi-Taj Yasin Maimoen dinilai sangat cocok untuk menjadi pemimpin di provinsi Jawa Tengah (Jateng).
Prabowo Gibran 2024 - 2029
Ruang Mula

Berita Terbaru