Rabu, 18 September 2024
Rabu, 18 September 2024

Elite PBNU Gus Ipul Dilantik Mensos, Pukulan Bagi PKB?

HOLOPIS.COM, JAKARTA – Pelantikan Saifullah Yusuf alias Gus Ipul yang merupakan elite PBNU sebagai Menteri Sosial (Mensos) menjadi sorotan di tengah bergulirnya konflik antara PKB dengan PBNU.

Pengamat Poltik sekaligus Direktur Lembaga Survey and Polling (SPIN), Igor Dirgantara menilai, ditunjuknya Gus Ipul untuk menduduki jabatan di Kabinet Indonesia Maju menunjukkan, bahwa PBNU memiliki nilai lebih di mata Presiden Joko Widodo (Jokowi)

Sebab kursi Mensos yang ditinggal Tri Rismaharini yang merupakan karena maju Pilgub Jawa Timur (Jatim) seharusnya diisi oleh elite partai politik lainnya yang masih menjadi koalisi pemerintahan Jokowi, seperti PKB.

“Artinya ini menjadi pukulan bagi PKB,” ujarnya kepada Holopis.com, Rabu (11/9).

Kendati begitu, Igor meyakini pelantikan Sekjen PBNU tersebut sebagai Mensos adalah untuk memastikan agar transisi pemerintahan Presiden Jokowi ke Presiden terpilih Prabowo Subianto berjalan mulus.

“Saya sih yakin, tujuan Jokowi melakukan reshuffle ini adalah untuk memuluskan masa transisi pemerintahan. Itu sudah jelas,” tandasnya.

Terlebih pada Pilpres 2024, para elite PBNU dinilai memberikan andil yang cukup besar atas kemenangan pasangan Prabowo-Gibran, yang nantinya akan meneruskan tongkat estafet pemerintahan mendatang.

“Memang kalau kita lihat andil PBNU ini cukup besar bagi Kemengan Prabowo-Gibran di Pilpres 2024, ketimbang PKB yang justru saat Pilpres menjadi rival,” jelasnya.

“Jadi jelas ini menjadi pukulan keras bagi PKB,” pungkasnya.

Temukan kami juga di Google News lalu klik ikon bintang untuk mengikuti. Atau kamu bisa follow WhatsaApp Holopis.com Channel untuk dapatkan update 10 berita pilihan dari redaksi kami.

Rekomendasi

berita Lainnya
Related

PDIP Ngebet Pertemuan Prabowo-Megawati Segera Berlangsung

PDIP mengaku tidak sabar wacana pertemuan Prabowo Subianto dengan Megawati Soekarnoputri bisa segera terealisasi dalam waktu dekat.

Datangi KPK soal Dugaan Gratifikasi Jet Pribadi, Kaesang : Saya Bukan Penyelenggara Negara!

Ketua umum PSI (Partai Solidaritas Indonesia) Kaesang Pangarep pamer dirinya berani untuk mendatangi KPK.

KPK Kebut Analisa Laporan Gratifikasi Private Jet Kaesang Pangarep  

HOLOPIS.COM, JAKARTA - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) mempunyai waktu...
Prabowo Gibran 2024 - 2029
Ruang Mula

Berita Terbaru