Selasa, 17 September 2024
Selasa, 17 September 2024
NewsEkobizKemenkeu Setuju Minuman Berpemanis Kena Cukai 2,5 Persen Tahun Depan

Kemenkeu Setuju Minuman Berpemanis Kena Cukai 2,5 Persen Tahun Depan

HOLOPIS.COM, JAKARTA – Kementerian Keuangan (Kemenkeu) setuju dengan usulan Badan Akuntabilitas Keuangan Negara (BAKN) DPR RI terkait wacana pengenaan tarif cukai terhadap minuman berpemanis dalam kemasan (MBDK).

Adapun usulannya, produk yang masuk dalam kategori MBDK dikenakan tarif cukai sebesar 2,5 persen, dimana rencananya hal tersebut akan mulai diterapkan pada tahun 2025 mendatang.

Direktur Jenderal Bea dan Cukai Kemenkeu Askolani mengatakan, usulan tersebut sejauh ini diterima oleh pihaknya sebagai rekomendasi.

Namun ia menegaskan, rekomendasi tersebut masih harus menunggu keputusan dari pemerintahan selanjutnya, yang dalam hal ini adalah pemerintahan Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka.

“Itu rekomendasi saja. Tapi nanti tergantung pemerintah tahun depan,” katanya Askolani, seperti dikutip Holopis.com, Rabu (11/9)

Kendati demikian, anak buah Menteri Keuangan (Menkeu), Sri Mulyani Indrawati itu menyatakan bahwa dalam penentuan tarif MBDK, terdapat berbagai aspek yang tentu menjadi pertimbangan. Sehingga hal itu tergantung pada kondisi di tahun depan.

Adapun diketahui sebelumnya, BAKN DPR mengusulkan tarif cukai terhadap minuman berpemanis dalam kemasan (MBDK) sebesar 2,5 persen, dimulai pada tahun 2025 dan naik bertahap sampai 20 persen.

Pimpinan BAKN DPR RI, Wahyu Sanjaya menyampaikan, bahwa tarif tersebut bertujuan untuk mengendalikan dan mengurangi dampak negatif konsumsi MBDK yang sangat tinggi.

Di samping itu, juga untuk meningkatkan penerimaan negara dari cukai dan mengurangi ketergantungan dari cukai hasil tembakau (CHT).

“Kami merekomendasikan pemerintah untuk menerapkan cukai MBDK sebesar 2,5 persen pada 2025 dan secara bertahap sampai dengan 20 persen,” ujar Wahyu.

Temukan kami juga di Google News lalu klik ikon bintang untuk mengikuti. Atau kamu bisa follow WhatsaApp Holopis.com Channel untuk dapatkan update 10 berita pilihan dari redaksi kami.

Baca Juga

Prabowo Gibran 2024 - 2029
Ruang Mula

BERITA TERBARU

Lainnya
Related

Luhut Incar 28 Ribu Orang Super Tajir Masuk Family Office RI

Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves), Luhut Binsar Pandjaitan melihat family office sebagai sebuah peluang emas bagi Indonesia untuk meningkatkan investasi.

Wacana Pemangkasan Suku Bunga The Fed, Apa Untungnya Bagi RI?

Bank Sentral Amerika Serikat, The Federal Reserve alias The Fed dikabarkan bakal menurunkan suku bunga acuannya untuk pertama kali sejak 2020 silam, pada Rabu (18/9) besok.

Begini Postur Sementara APBN 2025

Pemerintah dan Badan Anggaran (Banggar) DPR RI telah menetapkan postur anggaran sementara Rancangan Undang-Undang (RUU) Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) 2025.

BI Diramal Bakal Turunkan Suku Bunga ke Level 6 Persen

Bank Indonesia diproyeksi bakal menurunkan tingkat suku bunga acuan atau BI-Rate pada rapat dewan gubernur (RDG) 17—18 September 2024.