Rabu, 18 September 2024
Rabu, 18 September 2024

Jokowi Targetkan Kawasan Danau Toba Segera Diakses Jalan Tol

HOLOPIS.COM, JAKARTA – Presiden Jokowi (Joko Widodo) terus memaksimalkan pembangunan infrastruktur, khususnya jalan tol di sejumlah wilayah.

Salah satu jalan tol yang diresmikan Jokowi terbaru adalah Jalan Tol Tol Ruas Binjai-Langsa Seksi II (Stabat-Tanjung Pura) dan Jalan Tol Ruas Kuala Tanjung-Tebing Tinggi-Parapat Seksi III dan IV (Tebing Tinggi-Serbelawan-Sinaksak).

Peresmian tersebut dilakukan Jokowi di Gerbang Jalan Tol Sinaksak, Kabupaten Simalungun, Provinsi Sumatra Utara.

“Alhamdulillah pada pagi hari ini segera akan kita resmikan Jalan Tol Ruas Binjai-Langsa seksi II (Stabat-Tanjung Pura), yang dibangun sejak tahun 2020 sepanjang 26,2 kilometer dengan anggaran biaya Rp11,6 triliun, dan juga Jalan Tol Ruas Kuala Tanjung-Tebing Tinggi-Parapat seksi III dan IV yang dibangun sejak tahun 2018 sepanjang 45,6 kilometer dan menghabiskan anggaran biaya Rp6 triliun,” kata Jokowi dalam pernyataannya yang dikutip Holopis.com, Selasa (10/9).

Jokowi menjelaskan bahwa jalan tol ini akan menjadi bagian dari Jalan Tol Trans Sumatera sepanjang 2.994 kilometer. Bahkan, Jokowi berharap akses jalan tol akan sampai pada kawasan wisata Danau Toba.

“Dan kita harapkan sampai akhir tahun, itu Jalan Tol Sumatera sudah tembus di 1.100 kilometer. Khusus untuk jalan tol ini, ini tinggal 40 kilometer lagi sampai ke Parapat di Danau Toba, tinggal sedikit sekali,” tukasnya.

Jokowi kemudian menyebut bahwa akses jalan tol ini sendiri berhasil memangkas waktu tempuh jauh lebih singkat dibandingkan jalur arteri.

“Tadi Pak Bupati Simalungun menyampaikan, kalau dulu dari Medan ke sini, ini menghabiskan waktu 3,5 sampai 4 jam. Sekarang hanya kira-kira satu setengah jam lebih sedikit,” ujarnya.

Dengan keberadaan jalan tol ini, Jokowi berharap mampu untuk mendorong tumbuhnya pusat-pusat pertumbuhan ekonomi baru di koridor di Binjai-Langsa dan Tebing Tinggi-Parapat.

“Dan juga akan menambah daya saing daerah dan sistem logistik. Mobilitas orang, mobilitas barang akan semakin cepat, sehingga kita bisa bersaing dengan negara-negara lain,” tuntasnya.

Temukan kami juga di Google News lalu klik ikon bintang untuk mengikuti. Atau kamu bisa follow WhatsaApp Holopis.com Channel untuk dapatkan update 10 berita pilihan dari redaksi kami.

Rekomendasi

berita Lainnya
Related

Masyarakat Diimbau Utamakan Keselamatan di Perlintasan Sebidang KA

HOLOPIS.COM, JAKARTA - PT Kereta Api Indonesia (Persero) Daop...

10 Tanaman Hias Indoor untuk Percantik Ruangan

Menempatkan tanaman hias di dalam ruangan bisa menjadi cara yang efektif untuk memberikan kesan hijau, guna menambah kesegaran dan keindahan interior rumah.

Tips Hilangkan Bau Furnitur Baru Setelah Renovasi Rumah

Momen setelah renovasi rumah selesai memang sangat menyenangkan. Ruangan-ruangan yang tadinya mungkin tampak usang kini terlihat lebih segar dan nyaman dengan perabot baru.
Prabowo Gibran 2024 - 2029
Ruang Mula

Berita Terbaru