Selasa, 17 September 2024
Selasa, 17 September 2024

Ternyata Ini Manfaat Buah Sukun yang Jarang Diketahui, Bagus Untuk Kesehatan loh

HOLOPIS.COM, JAKARTA – Buah sukun tentu cukup asing di telinga kita, bahkan manfaatnya pun jarang diketahui. Ternyata, buah yang mirip dengan nangka itu banyak khasiatnya loh, berikut selengkapnya.

Sebelum itu, perlu diketahui bersama bahwa buah sukun memiliki berbagai nutrisi yang baik untuk tubuh. Selain sumber protein, juga mengandung asam amino esensial, vitamin C, B1, B5 dan mineral yang sangat baik. Ada pun buah sukun mengandung serat makanan yang tinggi di dalamnya.

Berikut ini beragam manfaat buah sukun seperti dikutip Holopis.com dari Halodoc :

  1. Mampu Meningkatkan Kesehatan Jantung

Buah sukun mengandung kalium yang tinggi, sehingga berkhasiat menjaga kesehatan jantung

Kalium membantu melancarkan aliran darah melalui arteri dengan cara mengatur kontraksi otot di jantung. Pada gilirannya, ini bisa membantu mengontrol detak jantung dan tekanan darah.

Selain itu, buah ini juga kaya akan serat. Studi menunjukkan bahwa serat makanan membantu mengurangi kolesterol.

Ini karena serat bisa mengikat kolesterol dan membawanya keluar dari tubuh.

Dengan begitu, mengonsumsi sukun bisa menghindarkan kamu dari berbagai penyakit kardiovaskular, seperti serangan jantung, stroke dan lain-lain.

  1. Mencegah dan Mengontrol Diabetes

Buah sukun punya kandungan serat makanan dan protein yang tinggi, sehingga bisa menjadi pilihan makanan yang baik untuk pengidap diabetes.

Sebuah penelitian menunjukkan, tepung sukun berkhasiat mengontrol kadar gula darah. Serat melewati saluran pencernaan secara perlahan. Akibatnya, makanan membutuhkan waktu untuk dicerna. Dengan begitu, kadar glukosa darah tidak akan melonjak setelah makan.

  1. Melancarkan Pencernaan

Serat makanan dalam buah tersebut juga bisa membantu dalam meningkatkan pergerakan usus.

Nutrisi tersebut menyerap air di usus dan melunakkan tinja. Alhasil, feses keluar dengan lancar.

Itulah mengapa mengonsumsi makanan kaya serat, seperti sukun, bisa mencegah sembelit dan gangguan pencernaan.

Selain itu, buah yang penampilannya mirip nangka ini juga berkhasiat meningkatkan kesehatan usus dengan menumbuhkan bakteri baik dalam tubuh.

  1. Meredakan nyeri sendi dan otot

Sukun merupakan sumber yang kaya senyawa fenolik, seperti stilbenoid, flavonoid, coumarin, dan xanthones.

Penelitian menunjukkan bahwa senyawa ini memiliki sifat anti-inflamasi, sehingga bisa membantu dalam pengobatan rematik dan nyeri otot.

  1. Meningkatkan Kesehatan Kulit

Buah sukun juga memiliki kandungan vitamin C yang tinggi, khasiat tersebut baik untuk meningkatkan kesehatan kulit.

Vitamin tersebut bisa mempromosikan sintesis kolagen yang meningkatkan elastisitas kulit dan juga meregenerasi sel-sel kulit baru.

Selain itu, penelitian juga sudah menunjukkan bahwa vitamin C bisa melindungi kulit dari kerusakan akibat sinar matahari.

Nutrisi tersebut bisa membantu mengurangi dampak sinar UVA dan UVB yang berbahaya, seperti kerutan, kelemahan kulit, tanda-tanda penuaan, dan lain-lain.

Jadi, mengonsumsi buah ini bisa mencegah kulit dari tanda-tanda penuaan.

Temukan kami juga di Google News lalu klik ikon bintang untuk mengikuti. Atau kamu bisa follow WhatsaApp Holopis.com Channel untuk dapatkan update 10 berita pilihan dari redaksi kami.

Rekomendasi

berita Lainnya
Related

Ingat Buah Ciplukan? Ini Loh Manfaatnya Bagi Kesehatan

Buah ciplukan, yang juga dikenal dengan nama ilmiahnya Physalis angulata, adalah buah kecil yang berasal dari tanaman dalam keluarga Solanaceae.

Jangan Sembarangan! Ini Waktu Ideal Ngopi

Kafein yang merupakan senyawa utama dalam kopi, teh, dan minuman energi, adalah salah satu stimulan yang paling banyak dikonsumsi di dunia. Kafein dikenal karena kemampuannya untuk meningkatkan kewaspadaan dan energi.

Kemenkes Bakal Vaksinasi Mpox

WHO dan BPOM sepakat akan memberikan vaksinasi cacar ,monyet atau Mpox di Indonesia.
Prabowo Gibran 2024 - 2029
Ruang Mula

Berita Terbaru