Selasa, 17 September 2024
Selasa, 17 September 2024

Sidik Cyber Sambut Gembira Wacana Pembentukan Angkatan Siber TNI

HOLOPIS.COM, JAKARTA – CEO Solusindo Digital Holistik (Sidik Cyber), Yonathan Yeremia menyambut gembira wacana pembentukan angkatan ke-IV TNI yakni matra Siber. Apalagi angkatan Siber TNI tersebut merupakan keinginan Presiden Joko Widodo (Jokowi) yang telah disampaikan secara langsung kepada Panglima TNI Jenderal Agus Subiyanto.

Menurut Yonathan, angkatan siber ini sebenarnya adalah upaya untuk menjawab tantangan globalisasi dan digital dewasa ini.

“Pembentukan Angkatan Siber sebagai matra keempat di dalam TNI adalah langkah strategis yang sangat krusial dalam menjaga kedaulatan digital Indonesia,” kata Yonathan dalam keterangannya, Sabtu (7/9) seperti dikutip Holopis.com.

Disampaikan Yonathan, bahwa di era digital seperti saat ini, ancaman siber menjadi salah satu tantangan utama bagi keamanan nasional. 

Maka dengan adanya Angkatan Siber ini, akan berfungsi untuk memperkuat pertahanan negara terhadap berbagai bentuk ancaman siber, melindungi infrastruktur kritis, dan menjaga integritas data. 

“Pembentukan matra ini merupakan langkah penting untuk melengkapi Angkatan Darat, Angkatan Laut, dan Angkatan Udara, memastikan bahwa semua aspek pertahanan kita mampu menghadapi ancaman modern,” ujarnya.

Apalagi dalam mewujudkan kedaulatan digital, tentu tak bisa dibebankan hanya kepada pemerintah dan lembaga negara saja. Akan tetapi perlu ada kolaborasi antara pihak pemerintah maupun swasta. Sehingga cita-cita untuk merealisasikan fungsi dan peran keberadaan Angkatan Siber TNI tersebut dapat berjalan dengan lebih baik.

“Saya percaya bahwa kolaborasi antara sektor swasta dan pemerintah adalah kunci untuk mengimplementasikan Angkatan Siber secara efektif,” terang Yonathan.

Masih dalam kesempatan yang sana, Yonathan pun menerangkan bahwa sektor swasta, khususnya perusahaan yang mengembangkan solusi keamanan siber buatan anak bangsa, sangat bisa memberikan kontribusi yang signifikan.

Mulai dari pendekatan inovasi teknologi dan solusi penyelesaian masalah (problem solving). Yonathan mengatakan bahwa Sidik Cyber berkomitmen untuk menyediakan solusi keamanan siber yang holistik dan inovatif. 

“Produk kami, yang dirancang dengan prinsip keamanan yang menyeluruh, mencakup perlindungan, deteksi, dan respons terhadap ancaman siber,” tuturnya.

Temukan kami juga di Google News lalu klik ikon bintang untuk mengikuti. Atau kamu bisa follow WhatsaApp Holopis.com Channel untuk dapatkan update 10 berita pilihan dari redaksi kami.

Rekomendasi

berita Lainnya
Related

Dasco : Kader Gerindra yang Masuk Kabinet Cuma Sedikit

Ketua Harian Partai Gerindra, Sufmi Dasco Ahmad menyebut bahwa komposisi kabinet Prabowo-Gibran saat ini sudah mulai terbentuk.

Pesan Nawawi ke Pimpinan KPK Mendatang : Berintegritas dan Bukan Perwakilan Pemerintah

Ketua KPK sementara Nawawi Pomolango berharap agar pimpinan lembaga anti rasuah mendatang bisa memiliki perbedaan dengan sebelumnya.

Istana Tegaskan Koordinasi Pemerintah dengan KPK Berjalan Baik

Pihak Istana membantah pernyataan Nawawi Pomolango terkait susahnya untuk bertemu dan berkoordinasi dengan Presiden Jokowi.
Prabowo Gibran 2024 - 2029
Ruang Mula

Berita Terbaru