Senin, 16 September 2024
Senin, 16 September 2024

Anggaran Belum Tersedia, Dinas PUPR Jepara Cuma Bisa ‘Nambal’ Lewat Program Klinik Jalan

HOLOPIS.COM, JEPARA – Pemerintah Kabupaten Jepara melalui Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) terus mengupayakan perbaikan dan peningkatan jalan di berbagai wilayah, meskipun anggaran belum tersedia.

Karena itu, pemeliharaan hanya bisa dilakukan dengan menambal jalan melalui program ‘Klinik Jalan’ yang sudah berjalan sejak Februari lalu.

Kepala Bidang Bina Marga Dinas PUPR Jepara Agus Priyadi, bahwa program pembangunan, peningkatan, dan pemeliharaan jalan dilakukan setiap tahun, yang dimulai pada bulan Februari.

Menurutnya, bulan Februari merupakan waktu yang tepat untuk melakukan pembangunan ataupun hanya sebatas melakukan pemeliharaan atau perbaikan jalan lantaran intensitas hujan yang sudah mulai berkurang.

“Kalau Januari kesulitan kita karena masih hujan deras sekali. Februari ketika hujan masih sedikit-sedikit itu sudah kita kerjakan. Nanti pas hujan deras berhenti, sampai begitu,” ujarnya, seperti dikutip Holopis.com, Jumat (6/9).

Agus menambahkan, terdapat lima tim yang dikerahkan untuk penambalan jalan dengan program ‘klinik jalan’. Setiap tim menyelesaikan satu ruas jalan sebelum berpindah ke ruas berikutnya.

Dengan lebih dari 300 ruas jalan kabupaten, upaya perbaikan ini masih terus berlangsung. Beberapa lokasi perbaikan telah hampir selesai, termasuk Jalan Sidik Harun Ujungbatu dan Jalan Patiunus Jobokuto.

“Di Jalan Pati Unus sudah hampir selesai. Jalan HOS Cokroaminoto, Jalan Dr Sutomo, Jalan Mangunsarkoro itu sudah selesai,” tuturnya.

Di ruas Jalan Sidik Harun dan Jalan Pati Unus, peningkatan dilakukan dengan beton untuk mengatasi masalah genangan rob yang sering terjadi. la menilai jika aspal tidak cukup tahan terhadap air, sehingga diperlukan konstruksi beton.

“Dengan konstruksi beton otomatis jadi tinggi. Kalau tidak di beton situ rusak terus karena tergenang air rob,” jelasnya.

Di sisi lain, lanjut Agus, perubahan status beberapa ruas jalan, termasuk ruas jalan Jepara-Kelet dan Gotri-Tunggul juga telah diusulkan untuk ditingkatkan dari jalan provinsi menjadi jalan nasional.

“Prosesnya sudah pengusulan ke (pemerintah) pusat,” pungkas Agus.

Temukan kami juga di Google News lalu klik ikon bintang untuk mengikuti. Atau kamu bisa follow WhatsaApp Holopis.com Channel untuk dapatkan update 10 berita pilihan dari redaksi kami.

Rekomendasi

berita Lainnya
Related

BMKG Prediksi Ada Potensi Hujan di Jateng Malam Ini

Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) telah merilis informasi terkini mengenai prakiraan cuaca Jateng (Jawa Tengah) pada hari ini, Sabtu 14 September 2024.

Cuaca Jateng Kamis 12 September Diprediksi Turun Hujan

Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) telah merilis informasi terkini mengenai prakiraan cuaca Jateng (Jawa Tengah) pada hari ini, Kamis 12 September 2024.

Cuaca Jateng Rabu 11 September Diprediksi Turun Hujan

Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) telah merilis informasi terkini mengenai prakiraan cuaca Jateng (Jawa Tengah) pada hari ini, Rabu 11 September 2024.
Prabowo Gibran 2024 - 2029
Ruang Mula

Berita Terbaru