Kamis, 19 September 2024
Kamis, 19 September 2024

Paus : Kekerasan di Suatu Negara Timbul karena Pemaksaan Visi Penguasa

HOLOPIS.COM, JAKARTA – Pemimpin Gereja Katolik sedunia Paus Fransiskus menyinggung faktor terjadinya kekerasan di suatu negara.

Paus Fransiskus pun menyinggung salah satu faktor terjadinya kekerasan itu tidak lepas dari sikap para penguasa dalam menjalankan pemerintahan.

“Kadang-kadang, ketegangan-ketegangan dengan unsur kekerasan timbul di dalam negara-negara karena mereka yang berkuasa ingin menyeragamkan segala sesuatu dengan memaksakan visi mereka,” kata Paus Fransiskus  dalam pernyataannya yang dikutip Holopis.com, Rabu (4/9).

Paus juga menyebut, permasalahan itu makin meluas ketika pihak penguasa yang seharusnya mengajak masyarakat untuk musyawarah malah menyerahkan kepada kelompok tertentu.

“Bahkan dalam hal-hal yang seharusnya diserahkan kepada otonomi individu-individu atau kelompok-kelompok yang berkaitan,” ujarnya.

Paus Fransiskus juga menilai, telepas dari kebijakan-kebijakan yang mengesankan, terdapat juga kurangnya komitmen sejati yang berorientasi ke depan untuk menerapkan prinsip-prinsip keadilan sosial.

“Akibatnya, sebagian besar umat manusia terpinggirkan, tanpa sarana untuk menjalani hidup yang bermartabat dan tanpa perlindungan dari ketimpangan sosial yang serius dan bertumbuh, yang memicu konflik-konflik yang parah,” pungkasnya.

Temukan kami juga di Google News lalu klik ikon bintang untuk mengikuti. Atau kamu bisa follow WhatsaApp Holopis.com Channel untuk dapatkan update 10 berita pilihan dari redaksi kami.

Rekomendasi

berita Lainnya
Related

KPK Dalami Tan Paulin di Gratifikasi Metrik Ton Batu Bara dan Aliran Uang Rita Widyasari

HOLOPIS.COM, JAKARTA - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) sedang mendalami...

Teroris Papua Ajukan Proposal Pembebasan Pilot Susi Air

Teroris Papua dikabarkan kembali mengajukan proposal penawaran untuk pembebasan pilot Susi Air yang telah lebih dari satu tahun disandera.

PDIP : Keputusan Gabung Koalisi Prabowo Tergantung Megawati

PDIP memastikan bahwa keputusan mereka untuk bergabung ke dalam koalisi pemerintahan Prabowo-Gibran tinggal menunggu waktu
Prabowo Gibran 2024 - 2029
Ruang Mula

Berita Terbaru