Kamis, 19 September 2024
Kamis, 19 September 2024

Intip Makna Budaya Logo Resmi PON XXI Aceh-Sumut 2024

HOLOPIS.COM, JAKARTA – PON XXI Aceh-Sumut 2024 sejatinya telah bergulir meski acara pembukaan berlangsung pada 9 September 2024 mendatang. Ada pun logo multievent terbesar di Indonesia itu menjadi ikonik dan penuh makna, simak penjelasannya berikut ini.

Sebelum itu, perlu diketahui bersama bahwa pembukaan PON XXI Aceh-Sumut 2024 nanti akan dibuka oleh Presiden Jokowi secara langsung.

Opening ceremony PON XXI Aceh-Sumut 2024 itu sendiri akan berlangsung di Stadion Harapan Bangsa, Banda Aceh. Stadion berkapasitas 17.000 itu pun nantinya akan menampilkan sejumlah suguhan yang menarik.

Selain itu, yang tak luput dari perhatian adalah logo PON XXI Aceh-Sumut 2024 itu sendiri.

Berikut ini makna budaya dari simbol PON XXI Aceh-Sumatera Utara 2024 :

Simbol rencong dan ulos menghiasi logo PON XXI Aceh-Sumatera Utara 2024, dua pusaka yang merepresentasikan dua daerah yang kaya budaya dan tradisi. Rencong melambangkan keberanian dan patriotisme. Sedangkan ulos, simbol persatuan dan kasih sayang.

Ketua Tim Dewan Juri Bidang Sosial Budaya Sayembara Nasional Logo PON XXI Tarmizi Abdul Hamid mengungkapkan makna mendalam logo PON 2024.

“Desain logo ini menggabungkan dua simbol ikonik dari Aceh dan Sumatera Utara. Unsur abstraksi api dan obor mencerminkan sportivitas, sementara arah ke atas melambangkan potensi sumber daya alam dan dinamika ekonomi kedua provinsi,” ungkap Tarmizi.

Selanjutnya ia menjelaskan, dua garis kuning dalam logo mencerminkan keunikan budaya provinsi.

“Dinamika garis ini melambangkan kehidupan sosial budaya yang kaya, dipadu dengan kepak sayap burung yang menggambarkan semangat untuk meraih prestasi setinggi mungkin,” tambahnya.

Kepala burung paruh panjang dalam logo perhelatan olahraga terbesar di Indonesia itu mencirikan Burung Cempala Kuneng dari Aceh dan Burung Beo Nias dari Sumatera Utara. Lima nyala api melambangkan harapan akan lima kesuksesan PON.

Warna-warna yang dipilih juga kaya akan makna. “Merah melambangkan semangat, hijau merepresentasikan potensi alam, kuning sebagai simbol inspirasi, putih untuk keterbukaan, dan hitam mencerminkan keteguhan hati,” katanya.

Tarmizi menambahkan, desain logo PON XXI sangat modern, dinamis, dan impresif. Mengingat pentingnya pemahaman masyarakat, ia menekankan perlunya sosialisasi agar publik dapat memahami arti di balik logo yang kini tersebar di berbagai platform.

Logo resmi PON XXI 2024 merupakan karya Anto Wibowo, pemenang sayembara yang diadakan pada 8 September 2022 di Medan. Karya Anto harus bersaing dengan ratusan karya yang berpartisipasi dalam sayembara itu.

“Dengan semangat persatuan, kami berharap logo ini menjadi simbol kebanggaan bagi masyarakat Aceh, Sumatera Utara, dan seluruh rakyat Indonesia menjelang PON XXI Aceh-Sumut 2024,” imbuhnya.

Temukan kami juga di Google News lalu klik ikon bintang untuk mengikuti. Atau kamu bisa follow WhatsaApp Holopis.com Channel untuk dapatkan update 10 berita pilihan dari redaksi kami.

Rekomendasi

berita Lainnya
Related

PSG Menang Sulit Lawan Girona 1-0

Paris Saint-Germain (PSG) harus susah payah mengandaskan perlawanan Girona pada laga perdana fase grup Liga Champions, dengan skor 1-0 tanpa balas.

Hasil Final Sepakbola Putra PON XXI Aceh-Sumut 2024 : Jatim Gasak Emas Usai Sikat Jabar 1-0

Pertandingan final cabang olahraga (cabor) sepakbola putra PON XXI Aceh-Sumut 2024 telah pun rampung, dimana tim sepakbola putra Jatim berhasil meraih medali emas usai sukses mengandaskan perlawanan Jabar, dengan skor tipis 1-0 tanpa balas.

Manchester City vs Inter Milan Sama Kuat 0-0

Hasil Manchester City vs Inter Milan di laga perdana fase awal/grup Liga Champions 2024/2025, berakhir sama kuat dengan skor kacamata alias 0-0.
Prabowo Gibran 2024 - 2029
Ruang Mula

Berita Terbaru