Senin, 16 September 2024
Senin, 16 September 2024

Presiden Jokowi Sambut Langsung Kedatangan Paus Fransiskus di Halaman Istana

HOLOPIS.COM, JAKARTA – Presiden Jokowi (Joko Widodo) menerima secara khusus kehadiran pimpinan Gereja Katolik Sedunia, Paus Fransiskus di Istana Kepresidenan, Rabu (4/9).

Jokowi pun sampai menunggu di pelataran Istana sembari menunggu kehadiran Paus Fransiskus yang sedang diarak dalam perjalanan. Sepanjang perjalanan, Paus Fransiskus yang kali ini duduk di belakang supir pun melambaikan tangan ke arah para warga yang sudah menunggunya.

Beda dengan sebelumnya, kali ini Paus Fransiskus pun tidak membuka kaca kendaraannya dan dikawal oleh Paspampres saat menuju Istana.

Setibanya di Istana, Jokowi pun langsung menyambut Paus Fransiskus dan menyalaminya sembari berbungkuk. Jokowi kemudian segera mengantar Paus Fransiskus yang didorong menggunakan kursi roda.

Kedatangan Paus Fransiskus pun disambut dengan Upacara Kenegaraan yang terbilang cukup meriah. Dimana mulanya kehadiran Paus disambut dengan Lagu Nasional Vatikan dan dilanjutkan dengan lagu Indonesia Raya.

Presiden Jokowi dalam penyambutan itu juga nampa didampingi oleh Presiden Terpilih Prabowo Subianto.

Sebelumnya Bapa Suci Paus Fransiskus berserta rombongan tiba di Terminal VVIP Bandara Seokarno-Hatta (Soetta) Tangerang, Banten, dengan menggunakan pesawat komersil ITA Airways Z400 berwarna biru berbendera Vatican dan Indonesia, Selasa, sekitar pukul 11.25 WIB. Paus Fransiskus datang ke Indonesia dalam rangkaian perjalanan apostolik ke Asia Pasifik.

Saat kedatangannya, ia turun dari pesawat komersial ITA Airways Z400 menggunakan kursi roda dengan dikawal sejumlah petugas pengamanan secara ketat menuju red carpet untuk mendapatkan sambutan hangat dari Indonesia.

Selanjutnya, Paus Fransiskus diberikan hand bouquet yang dibuat khusus untuk menyambut kedatangannya dengan makna ‘Bhinneka Tunggal Ika’ yang merupakan semboyan Bangsa Indonesia dengan arti ‘berbeda-beda namun tetap satu’.

Rangkaian ini dibuat menggunakan tanaman, sayur, buah dan rempah asli dari Indonesia sebagai mewakili berbagai suku bangsa dan adat yang ada di Indonesia.

Paus Fransiskus yang juga sebagai Kepala Negara Vatikan ini, kemudian melanjutkan perjalanannya menuju ke Kedutaan Besar Vatikan di Jakarta dengan menggunakan kendaraan roda empat jenis Toyota Innova Zenik Hybrid berkelir putih. Tampak kesederhanaan dan kesahajaan ditunjukkan oleh Pope Francis sembari menyapa para jemaat dan masyarakat Indonesia sepanjang jalan di kawasan MH Thamrin hingga Gambir.

Temukan kami juga di Google News lalu klik ikon bintang untuk mengikuti. Atau kamu bisa follow WhatsaApp Holopis.com Channel untuk dapatkan update 10 berita pilihan dari redaksi kami.

Rekomendasi

berita Lainnya
Related

Trending Labubu, Asal-usul dan Perjalanan Karakter Monster Imut Bergigi Tajam

Karakter ini menjadi booming dan dengan cepat memperoleh popularitas yang luar biasa, setelah Lisa Blackpink menggunakan karakter Labubu sebagai gantungan di tasnya.

KAI Catat Lebih 178 Ribu Tiket Sudah Terjual untuk Arus Balik

HOLOPIS.COM, JAKARTA - PT Kereta Api Indonesia atau KAI...

Rayakan Maulid Nabi Muhammad dengan Twibbon, Ini Linknya

Maulid Nabi Muhammad SAW tahun 1446 Hijriyah yang jatuh pada tanggal 16 September 2024, dirayakan oleh seluruh umat Islam di seluruh dunia.
Prabowo Gibran 2024 - 2029
Ruang Mula

Berita Terbaru