Sabtu, 14 September 2024
Sabtu, 14 September 2024

Ingatkan Role Model Antikorupsi ke Kaesang Pangarep, KPK: Hidup Sederhana

HOLOPIS.COM, JAKARTA – Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) mendorong putra Presiden RI Joko Widodo (Jokowi), Kaesang Pangarep untuk bisa menjadi role model nilai antikorupsi. Salah satunya dengan hidup sederhana.

Demikian disampaikan Wakil Ketua KPK, Alexander Marwata. Seharusnya Ketua Umum Partai Solidaritas Indonesia (PSI) itu bisa menjadi role model dalam upaya pencegahan korupsi. Apalagi PSI pernah ikut program Pendidikan Politik Cerdas Berintegritas.

“Kami mendorong saudara Kaesang itu supaya di dalam perilaku kehidupan sehari-hari maupun selaku ketua partai politik juga bisa menjadi role model, nilai antikorupsi. Salah satunya apa? Hidup sederhana,” ucap Alex, sapaan Alexander Marwata, kepada wartawan, di Gedung Merah Putih KPK, Jakarta, Jumat, seperti dikutip Holopis.com, (30/8).

KPK sendiri akan meminta klarifikasi terkait pesawat jet pribadi yang digunakan Kaesang dan istrinya, Erina Gudono bepergian ke Amerika Serikat. Disebut-sebut fasilitas itu dari PT Shopee Internasional Indonesia. Menurut Alex, pihaknya sedang menyiapkan surat undangan klarifikasi kepada adik mantan Wali Kota Solo, Gibran Rakabuming Raka itu. 

“Kenapa kami membutuhkan penjelasan dari saudara Kaesang terkait hal ini, karena kami menduga patut diduga, ada kaitannya dengan penyelenggara negara. Kan kita tahu orang tua dari saudara Kaesang seperti itu,” ujar Alex.

Dikataka  Alex, KPK bisa mengklarifikasi Kaesang meskipun yang bersangkutan saat ini bukan sebagai penyelenggara negara. Mengingat KPK dimandatkan Undang-undang untuk mengusut kasus dugaan korupsi termasuk gratifikasi.

Pun demikian, KPK juga terbuka apabila Kaesang ingin lebih dulu menjelaskan soal penggunaan jet pribadi tersebut. Namun, proses klarifikasi bisa terus berjalan sesuai kebutuhan.

“Kalau KPK tidak melakukan klarifikasi, ini bisa jadi modus untuk melakukan pencucian uang atau apa pun tentunya atau aset. Kalau kami mendapat informasi dari masyarakat seperti itu dan kami tidak mengklarifikasi, ya enggak benar juga,” turur Alex.

Temukan kami juga di Google News lalu klik ikon bintang untuk mengikuti. Atau kamu bisa follow WhatsaApp Holopis.com Channel untuk dapatkan update 10 berita pilihan dari redaksi kami.

Rekomendasi

berita Lainnya
Related

Mahfud MD Ajak Semua Pihak Kawal Pelantikan dan Kepemimpinan Prabowo Subianto

HOLOPIS.COM, JAKARTA - Mantan Menteri Koordinator bidang Politik, Hukum...

Mahfud MD Ajak Akademisi dan Profesional Hentikan Otoritarianisme Demokrasi dan Hukum

HOLOPIS.COM, JAKARTA - Guru Besar Ilmu Hukum Tata Negara,...

PDIP Ngotot KPK Berdiri karena Peran Megawati

PDIP tidak terima dengan pernyataan Nawawi Pomolango yang menyebut kelahiran KPK bukan karena peran dari Megawati Soekarnoputri.
Prabowo Gibran 2024 - 2029
Ruang Mula Indonesia

Berita Terbaru