Rabu, 18 September 2024
Rabu, 18 September 2024

MPox (Cacar Monyet) Kembali Merajalela, Begini Pencegahannya

HOLOPIS.COM, JAKARTA – Virus Mpox atau cacar monyet saat ini kembali menjadi perbincangan hangat dunia. Virus ini sedang merajalela dan menjadi sesuatu yang cukup mengkhawatirkan sehingga pencegahannya harus disosialisasikan secara meluas.

Kementerian Kesehatan Budi Gunadi Sadikin mengatakan bahwa pemerintah akan meningkatkan kewaspadaan berbagai pihak terkait penyebaran virus ini.

Apalagi, Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) baru saja menetapkan cacar monyet sebagai darurat kesehatan global pada tanggal 14 Agustus lalu.

Gejala cacar monyet umumnya muncul dalam beberapa tahap dan dapat bervariasi dari ringan hingga berat. Berikut ini adalah beberapa gejala umum yang perlu diwaspadai;

  • Demam: Suhu tubuh meningkat di atas normal.
  • Sakit kepala: Rasa sakit yang intens di area kepala.
  • Nyeri otot: Rasa nyeri dan pegal pada otot-otot tubuh.
  • Kelelahan: Merasa lemas dan tidak bertenaga.
  • Pembesaran kelenjar getah bening: Terasa benjolan di area leher, ketiak, atau selangkangan.
  • Ruam: Muncul ruam yang berkembang melalui beberapa tahap, mulai dari bintik-bintik merah, lepuh berisi cairan, hingga keropeng. Ruam ini dapat muncul di wajah, telapak tangan, telapak kaki, mulut, atau area genital.

Pencegahan Cacar Monyet

Untuk mencegah penularan cacar monyet, ada beberapa langkah pencegahan yang dapat dilakukan Sobat Holopis.

  • Hindari kontak dekat dengan orang yang sakit: Jika Anda mengetahui seseorang yang terinfeksi cacar monyet, hindari kontak fisik dengan mereka.
  • Hindari kontak dengan hewan yang sakit: Jangan menyentuh atau memakan hewan yang sakit, terutama hewan liar.
  • Cuci tangan secara teratur: Cuci tangan dengan sabun dan air mengalir secara menyeluruh dan sering, terutama setelah kontak dengan orang atau hewan.
  • Gunakan alat pelindung diri: Jika Anda merawat seseorang yang terinfeksi, gunakan alat pelindung diri seperti masker, sarung tangan, dan jas lab.
  • Terapkan kebersihan yang baik: Jaga kebersihan lingkungan sekitar dan benda-benda yang sering disentuh.
  • Vaksin: Vaksin cacar dapat memberikan perlindungan terhadap cacar monyet, namun ketersediaannya terbatas.

Jika Sobat Holopis mengalami gejala yang mengarah pada cacar monyet, segera konsultasikan dengan dokter untuk mendapatkan diagnosis dan perawatan yang tepat.

Temukan kami juga di Google News lalu klik ikon bintang untuk mengikuti. Atau kamu bisa follow WhatsaApp Holopis.com Channel untuk dapatkan update 10 berita pilihan dari redaksi kami.

Rekomendasi

berita Lainnya
Related

Manfaat Okra, Superfood Punya Segudang Kebaikan untuk Kesehatan

Okra, atau yang juga dikenal dengan nama ladies' fingers, merupakan sayuran hijau yang banyak digunakan dalam berbagai masakan di seluruh dunia. Meski sering dianggap sebagai sayuran sederhana, okra sebenarnya kaya akan manfaat kesehatan yang luar biasa.

Ingat Buah Ciplukan? Ini Loh Manfaatnya Bagi Kesehatan

Buah ciplukan, yang juga dikenal dengan nama ilmiahnya Physalis angulata, adalah buah kecil yang berasal dari tanaman dalam keluarga Solanaceae.

Jangan Sembarangan! Ini Waktu Ideal Ngopi

Kafein yang merupakan senyawa utama dalam kopi, teh, dan minuman energi, adalah salah satu stimulan yang paling banyak dikonsumsi di dunia. Kafein dikenal karena kemampuannya untuk meningkatkan kewaspadaan dan energi.
Prabowo Gibran 2024 - 2029
Ruang Mula

Berita Terbaru