Rabu, 18 September 2024
Rabu, 18 September 2024

KPU Ingatkan Pramono Anung Segera Ambil Cuti dari Kabinet

HOLOPIS.COM, JAKARTA – KPU RI mengingatkan Pramono Anung untuk melepaskan jabatannya sementara sebagai Sekertaris Kabinet pasca mendaftar sebagai bakal calon gubernur Jakarta.

Komisioner KPU, Idham Holik menjelaskan, dalam aturan yang ada sudah menegaskan bahwa seorang pejabat negara yang mendaftarkan diri di Pilkada harus mengajukan cuti.

“Pada saat seorang menteri kabinet didaftarkan oleh partai atau gabungan partai pengusul maka beliau harus cuti di luar tanggungan negara,” kata Idham dalam pernyataannya pada Rabu (28/8) seperti dikutip Holopis.com.

Pengajuan cuti yang utama pun menurut Idham adalah ketika Pramono Anung tengah berada di masa kampanye. “Begitu juga hal yang sama pada masa kampanye,” imbuhnya.

Kendati demikian, Idham menegaskan bahwa keputusan mundur atau tidaknya Pramono Anung sebagai Sekretaris Kabinet merupakan kewenangan Jokowi sebagai Presiden.

“Hal tersebut sepenuhnya kewenangan Bapak Presiden,” imbuhnya.

Sebelumnya diberitakan, Pramono Anung menegaskan bahwa dirinya sebenarnya siap untuk mundur dari jabatan sebagai Sekertaris Kabinet.

Pramono Anung bahkan menyebut, dirinya tidak punya beban jika harus mundur demi pencalonannya sebagai gubernur Jakarta.

“Kalau saatnya diperlukan untuk mundur bagi saya ringan-ringan saja. Mundur-mundur saja, bukan hal yang terlalu serius,” kata Pramono Anung dalam pernyataannya, Rabu (28/8).

Hal itu mengingat adanya aturan bahwa TNI, Polri dan ASN harus mundur jika ikut Pilkada sesuai Pasal 7 Ayat (2) huruf t Undang-Undang Nomor 10 Tahun 2016 tentang Pemilihan Gubernur, Bupati dan Wali Kota.

Dia juga mengatakan siap turun ke lapangan di luar jam kantor demi maju kontestasi di Pilkada DKI.

“Saya akan menggunakan waktu saya untuk turun ke lapangan di luar jam kantor,” klaimnya.

Temukan kami juga di Google News lalu klik ikon bintang untuk mengikuti. Atau kamu bisa follow WhatsaApp Holopis.com Channel untuk dapatkan update 10 berita pilihan dari redaksi kami.

Rekomendasi

berita Lainnya
Related

Pramono Anung Klaim Dapat Dukungan Tokoh Agama

Pramono Anung sesumbar bakal meraih kemenangan telak di Pilkada Jakarta 2024 dengan modal dukungan dari para tokoh agama.

KPU Jakarta Rilis Visi Misi Tiga Paslon Gubernur Jakarta, Mana Pilihan Kalian?

HOLOPIS.COM, JAKARTA - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Daerah...

Bang Emil Siap Kerja Keras Siang Malam Demi Jakarta

Ridwan Kamil atau yang akrab disapa Bang Emil mengungkapkan bahwa dirinya sudah mempunyai strategi untuk pemenangan di Pilkada Jakarta 2024.
Prabowo Gibran 2024 - 2029
Ruang Mula

Berita Terbaru