Sabtu, 14 September 2024
Sabtu, 14 September 2024

KPK Minta Kaesang dan Erina Jujur soal Pesawat Jet Pribadi

HOLOPIS.COM, JAKARTA – Wakil Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Alexander Marwata angkat bicara terkait dengan polemik pesawat jet pribadi yang digunakan Kaesang Pangarep dan istrinya, Erina Sofia Gudono untuk bepergian ke Amerika Serikat.

Hal ini disampaikan agar informasi yang diterima masyarakat tidak liar dan simpang siur, sehingga anak dan menantu Presiden Joko Widodo (Jokowi) itu diimbau memberikan pernyataan yang jujur dan jelas. 

“Kalau yang bersangkutan kemudian mendeclaire, saya bayar. ini loh bukti bayar. Ketika itu berupa fasilitas yang diberikan dalam kapasitas sebagai apa yang bersangkutan menerima fasilitas itu. Ya intinya itu supaya masyarakat juga nggak bertanya tanya terus,” kata Alex, sapaan Alexander Marwata, seperti dikutip Holopis.com, di Gedung Merah Putih, Kuningan, Setia Budi, Jakarta Selatan, Rabu (28/8).

KPK tak perlu melakukan klarifikasi jika Kaesang dan istrinya memberikan pernyataan yang jujur dan jelas. Kaesang bahkan bisa menunjukkan bukti pembayaran pesawat tersebut. Sehingga, tak ada spekulasi yang timbul di tengah masyarakat.

“Masyarakat pengin tahu dalam kapasitas sebagai apa yang bersangkutan menerima fasilitas dan sebagainya, apakah membayar sendiri? ataukah free? kan begitu. Kalau membayar sendiri kan selesai, nggak ada persoalan. saya bayar sendiri pak, ya sudah,” ditambahkan Alex. 

Namun lain cerita jika fasilitas yang dinikmati berkaitan dengan jabatan sang ayah maupun keluarga lain yang menduduki posisi pejabat publik atau penyelenggara negara. KPK bisa memproses jika hal itu sebagai bentuk gratifikasi atau perdagangan pengaruh (trading in influence). 

“Sepanjang patut diduga bahwa pemberian pemberian fasilitas dan sebagainya ada hubungannya dengan jabatan dari orang tuanya atau …,” tutur Alex. 

Kaesang Pangarep yang merupakan anak bungsu Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan istrinya, Erina Gudono diketahui jadi sorotan gara-gara naik pesawat jet pribadi ke Amerika Serikat. Selain itu, Erina juga mengunggah gaya hidup mewah saat plesiran.

Saat itu Erina tak hanya mengunggah momen menaiki pesawat ke Amerika Serikat. Erina juga mengunggah foto makan roti seharga Rp 400 ribu dan berbelanja stroller bayi diduga seharga puluhan juta rupiah.

Keduanya kemudian disoroti juga usai diduga membawa belanjaan mewah dari Amerika Serikat tanpa pemeriksaan Bea Cukai setibanya di Indonesia. Dalam video yang beredar, keduanya turun dari jet Gulfstream N568SE langsung menuju ke mobil Toyota Alphard yang diparkirkan di apron pesawat.

Temukan kami juga di Google News dengan klik ikon bintang. Atau kamu bisa follow WhatsApp Holopis.com Channel untuk dapatkan update 10 berita pilihan dari redaksi kami.

Rekomendasi

berita Lainnya
Related

KPK Tetapkan Tersangka Dugaan Korupsi CSR BI dan OJK Fiktif

HOLOPIS.COM, JAKARTA - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) telah meningkatkan...

Dugaan Kasus Bullying di SMA Binus, Korban Minta Keadilan

HOLOPIS.COM, JAKARTA - Seorang calon siswa di SMA Binus...

KPK Tetapkan 5 Tersangka Korupsi Iklan BJB, 2 Ordal

HOLOPIS.COM, BOGOR - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) telah meningkatkan...
Prabowo Gibran 2024 - 2029
Ruang Mula Indonesia

Berita Terbaru