Sabtu, 14 September 2024
Sabtu, 14 September 2024

Bendungan Leuwikeris Garapan Waskita Karya Siap Diresmikan Jokowi Hari ini

HOLOPIS.COM, JAKARTA – Bendungan Leuwikeris yang digarap oleh PT Waskita Karya (Persero) Tbk akan diresmikan langsung oleh Presiden Republik Indonesia (RI) Joko Widodo (Jokowi) pada hari ini Kamis (29/8). 

Proyek Strategis Nasional (PSN) yang berlokasi di Kabupaten Ciamis dan Kabupaten Tasikmalaya, Provinsi Jawa Barat itu siap menyuplai air irigasi di sekitar wilayah tersebut.

Corporate Secretary Ermy Puspa Yunita menjelaskan, bendungan ini nantinya mengaliri Daerah Irigasi (DI) Lakbok Utara seluas 6.600 Hektar (Ha) di Kabupaten Ciamis dan di Manganti seluas 4.616 Ha di Kabupaten Cilacap.

“Secara total Bendungan Leuwikeris akan menyuplai air irigasi ke 11.216 Ha lahan pertanian,” ujarnya dalam keterangan resmi, Rabu (28/8) seperti dikutip Holopis.com.

Ia menambahkan, daya tampung bendungan ini cukup besar yakni mencapai 81,44 juta meter kubik (m3). Maka mampu menyediakan air baku sebesar 845 liter per detik bagi Kota Banjar, Kabupaten Tasikmalaya dan Ciamis.

Manfaat lainnya, lanjut dia, bendungan setinggi 84,9 meter itu dapat mereduksi banjir periode 25 tahunan dari 509,7 m3 per detik menjadi 450,2 m3 per detik atau sebesar 11,7 persen. Bendungan ini pun, sambungnya, berpotensi menjadi sumber daya listrik untuk Pembangkit Listrik Tenaga Air (PLTA).

“Melihat lokasinya yang strategis dan berdekatan dengan beberapa kabupaten, Bendungan Leuwikeris juga berpotensi sebagai destinasi pariwisata. Bisa pula sebagai kawasan konservasi air tanah serta perikanan bagi masyarakat sekitar,” tutur Ermy.

Perlu diketahui, Bendungan Leuwikeris mulai dikerjakan sejak 2016 melalui lima paket pekerjaan. Khusus Waskita, ada tiga paket yang dikerjakan yaitu paket dua, empat, dan lima.

Pada paket dua nilai kontraknya secara joint operation sekitar Rp 642,3 miliar. Sementara porsi Waskita pada paket empat sebesar 42,5 persen dengan nilai kontrak Rp 297,07 miliar, lalu paket lima porsinya sebanyak 55 persen sehingga nilai kontraknya sebesar Rp 135,67 miliar.

“Sebagai BUMN Konstruksi, Waskita selalu berkomitmen mendukung kemajuan bangsa dan negara melalui pembangunan infrastruktur. Maka diharapkan, keberadaan Bendungan Leuwikeris karya anak bangsa ini dapat bermanfaat bagi masyarakat,” jelasnya.

Dijelaskan, Bendungan Margatiga merupakan salah satu dari 83 PSN yang dikerjakan perseroan per Juli 2024. Sebanyak 36 proyek di antaranya mulai dibangun saat kepemimpinan Menteri BUMN Erick Thohir atau sejak Oktober 2019, mencakup proyek Jembatan Musi dan LRT Jakarta Fase 1B (Velodrome-Manggarai).

Temukan kami juga di Google News dengan klik ikon bintang. Atau kamu bisa follow WhatsApp Holopis.com Channel untuk dapatkan update 10 berita pilihan dari redaksi kami.

Rekomendasi

berita Lainnya
Related

Dear Pejuang CPNS 2024, Begini Cara Cek Kelulusan Seleksi Administrasi

Masa pendaftaran seleksi calon pegawai negeri sipil (CPNS) 2024, kecuali instansi Kemendikbud Ristek dan Kemenag telah resmi ditutup pada Selasa, 10 September 2024.

Antisipasi Lonjakan Penumpang, KAI Tambah Kereta di Sejumlah Perjalanan KA dari Jakarta

PT Kereta Api Indonesia (Persero) menambah kapasitas tempat duduk dengan menambah 1 - 2 gerbong kereta pada sejumlah rangkaian kereta api dari arah Jakarta untuk mengakomodir peningkatan jumlah penumpang pada libur panjang akhir pekan Maulid Nabi Muhammad SAW ini.

Begini Tips Biar Gak Malas Baca!

Meningkatkan minat baca merupakan tantangan yang sering dihadapi banyak orang, baik dari kalangan pelajar, mahasiswa, hingga orang dewasa.
Prabowo Gibran 2024 - 2029
Ruang Mula Indonesia

Berita Terbaru