Sabtu, 14 September 2024
Sabtu, 14 September 2024

RSUD Tarakan Jadi Rujukan Medical Checkup Bacalon Gubernur dan Wakil Gubernur Jakarta

HOLOPIS.COM, JAKARTA – Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Tarakan akan menjadi rujukan pemeriksaan kesehatan Bakal Calon (Bacalon) Gubernur dan Wakil Gubernur Daerah Khusus Jakarta.

Rencananya, pemeriksaan kesehatan akan dilakukan paling cepat pada hari Jumat, 30 Agustus mendatang.

Kepala Dinas Kesehatan Daerah Khusus Jakarta, Ani Ruspitawati mengatakan, RSUD Tarakan telah siap menerima proses pemeriksaan kesehatan Bacalon Gubernur dan Wakil Gubernur. 

Menurut Ani, sebelum dilakukan penetapan melalui mekanisme pleno bersama KPUD Jakarta, Bawaslu dan BNNP, serta Dinas Kesehatan sempat memberikan opsi usulan tiga RSUD, yaitu RSUD Tarakan, RSUD Koja, dan RSKD Duren Sawit.

“RSUD Tarakan ini merupakan rumah sakit kelas A yang memiliki sarana prasarana memadai dan tenaga medis yang mumpuni. Apalagi MCU merupakan salah satu layanan yang dikembangkan RSUD Tarakan,” kata Ani seperti dikutip Holopis.com, Rabu (28/8).

Kepala RSUD Tarakan, Dian Ekowati menjelaskan, untuk melaksanakan proses pemeriksaan pihaknya telah menyiapkan 16 dokter spesialis, empat dokter umum dan didukung tenaga medis lainnya. Diperkirakan, proses pemeriksaan bisa memakan waktu hingga satu harian penuh.

“Mungkin prosesnya mulai dari pukul 07.00 WIB hingga 18.00 WIB. Kami pastikan selama pemeriksaan tidak akan mengganggu layanan umum,” ungkapnya. 

Sementara, Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) DKI Jakarta, Wahyu Dinata menambahkan, pemilihan RSUD Tarakan sebagai lokasi pemeriksaan telah melalui proses pertimbangan. 

Selain memiliki fasilitas memadai, akses dan lokasi fasilitas pemeriksaan menjadi bahan pertimbangan penetapan.

“Pemeriksaan ini menjadi bagian persyaratan, di mana calon itu harus sehat jasmani dan rohani serta bebas penyalahgunaan narkotika dengan dibuktikan hasil pemeriksaan tim medis secara menyeluruh,” bebernya. 

Meski timeline jadwal pemeriksaan dimulai sejak 27 Agustus hingga 2 September 2024, Wahyu memperkirakan paling cepat pemeriksaan baru akan dilakukan pada 30 Agustus mendatang. 

Hal itu mempertimbangkan tahapan pendaftaran Calon Gubenur dan Wakil Gubernur DKI Jakarta baru ditutup pada 29 Agustus.

Dilanjutkan Wahyu, pihaknya optimistis RSUD Tarakan mampu menyelesaikan amanat undang-undang untuk memfasilitasi pemeriksaan kesehatan Calon Gubernur dan Calon Wakil Gubernur DKI Jakarta dengan baik. 

Ia meyakini, proses dan hasil maksimal dalam pemeriksaan itu nantinya juga akan membuktikan kepada publik RSUD Tarakan layak menjadi rujukan.

“Hanya saja saat pelaksanaan pemeriksaan nanti harus terbuka, terutama terhadap rekan media. Saya berharap pihak RSUD Tarakan bisa menyesuaikan,” tandasnya.

Temukan kami juga di Google News lalu klik ikon bintang untuk mengikuti. Atau kamu bisa follow WhatsaApp Holopis.com Channel untuk dapatkan update 10 berita pilihan dari redaksi kami.

Rekomendasi

berita Lainnya
Related

Cek Prakiraan Cuaca Jakarta di Akhir Pekan, Ada Potensi Hujan?

Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) telah merilis informasi terkait prakiraan cuaca Jakarta hari ini, Sabtu (14/9).

PT. Transjakarta Lakukan Uji Coba Angkot Listrik

HOLOPIS.COM, JAKARTA - PT Transportasi Jakarta lakukan uji coba...

Heru Berikan Bantuan Bibit dan Pupuk ke 31 Petani di Jakarta

Pemprov Daerah Khusus Jakarta (DKJ) bersama Kejaksaan Tinggi DKI Jakarta dan PT Pupuk Indonesia serahkan bantuan pupuk dan bibit tanaman pangan kepada 31 kelompok tani Jakarta di Jalan M. Kahfi I, Cipedak, Jagakarsa, Jakarta Selatan, pada Jumat (13/9).
Prabowo Gibran 2024 - 2029
Ruang Mula Indonesia

Berita Terbaru