Sabtu, 14 September 2024
Sabtu, 14 September 2024

KPK Minta Mantu Jokowi Jujur Soal Penggunaan Jet Pribadi, Kalau Tidak Bakal Diperiksa

HOLOPIS.COM, JAKARTA – Pimpinan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) mengklaim telah memerintahkan bawahannya untuk menindaklanjuti polemik jet pribadi yang digunakan Kaesang Pangarep dan istrinya Erina Gudono. Komisioner lembaga antirasuah bahkan telah memerintahkan Direktur Gratifikasi KPK untuk mengklarifikasi hal tersebut. 

Demikian diungkapkan Wakil Ketua KPK Alexander Marwata. Kata Alexander, pimpinan bahkan meminta anak buahnya tidak ragu melakukan klarifikasi karena itu merupakan tanggung jawab menjalankan tugas. Apalagi, informasi mengenai penggunaan jet pribadi oleh Kaesang dan istrinya telah ramai diperbincangkan publik.

“Kita berprinsip semua orang berkedudukan sama di depan hukum. Pimpinan sendiri sebenarnya sudah memerintahkan Direktur gratifikasi, tolong dong itu informasi-informasi dari media itu diklarifikasi. Engga usah usah ragu bahwa kita melaksanakan tugas. itu menjadi perhatian publik, menjadi keprihatinan publik juga, ya kita juga harus peka,” ungkap Alex, sapaan Alexander Marwata. 

Alex menilai klarifikasi itu penting agar polemik itu tak berkepanjangan. “Jangan sampai pertanyaan masyarakat itu menggantung, ini apa ini kejadiannya, apakah masuk gratifikasi? Siapa yang memberikan fasilitas itu dan sebagainya harus clear,” ditambahkan Alex.

Disisi lain anak dan menantu Presiden Joko Widodo itu juga disarankan menjelaskan kepada publik dengan jujur terkait penggunaan jet pribadi yang belakangan ini menuai polemik. 

“Kalau menurut saya sih nggak perlu juga diklarifikasi KPK kalau yang bersangkutan kemudian mendeclaire, saya bayar. ini loh transformasi, bukti bayar. Ketika itu berupa fasilitas yang diberikan dalam kapasitas sebagai apa yang bersangkutan menerima fasilitas itu. ya intinya itu supaya masyarakat juga nggak bertanya tanya terus,” tutur Alex. 

Kaesang dan Erina diketahui menjadi sorotan setelah diduga membawa belanjaan mewah dari Amerika Serikat tanpa pemeriksaan Bea Cukai. Kaesang dan Erina menumpangi jet pribadi. 

Peristiwa itu viral di media sosial X. Dalam video yang beredar, keduanya turun dari jet Gulfstream N568SE langsung menuju ke mobil Toyota Alphard yang diparkirkan di apron pesawat. Keduanya diikuti ajudan yang membawa barang belanjaan mewah.

Warganet lantas mempertanyakan hal itu. Sebab, barang belanjaan mewah dari luar negeri itu diduga tak diperiksa terlebih dahulu oleh petugas Bea Cukai.

Temukan kami juga di Google News dengan klik ikon bintang. Atau kamu bisa follow WhatsApp Holopis.com Channel untuk dapatkan update 10 berita pilihan dari redaksi kami.

Rekomendasi

berita Lainnya
Related

PDIP Siap Dukung Pemerintah Prabowo, Kalau …

Ketua DPP PDI Perjuangan (PDIP), Said Abdullah mengatakan, bahwa pihaknya bakal mendukung pemerintahan berikutnya, di bawah kepemimpinan Presiden terpilih, Prabowo Subianto.

Gerindra Akui Kabinet Prabowo Bakal Diisi Lebih Banyak Profesional Ketimbang Parpol

Partai Gerindra memberikan bocoran mengenai komposisi kabinet yang akan berada di pemerintahan Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming mendatang.

Yudi Sentil KPK soal Temuan Mobil Harun Masiku Parkir 2 Tahun di Tanah Abang

HOLOPIS.COM, JAKARTA - Mantan penyidik KPK (Komisi Pemberantasan Korupsi)...
Prabowo Gibran 2024 - 2029
Ruang Mula Indonesia

Berita Terbaru