Sabtu, 14 September 2024
Sabtu, 14 September 2024

Hari Pertama Pendaftaran Calon Gub-Wagub Jakarta Belum Ada Yang Datang

HOLOPIS.COM – JAKARTA, Komisi Pemilihan Umum (KPU) DKI Jakarta telah membuka pendaftaran bagi pasangan calon (paslon) gubernur dan wakil gubernur Jakarta 27-29 Agustus untuk pemilihan November mendatang. Namun dihari pertama pendaftaran belum ada yang hadir.  

Ketua KPUD DKI Jakarta Wahyu Dinata mengatakan, dihari pertama pendaftaran belum ada calon kepala daerah yang datang, sebab pasangan Ridwan Kamil – Suswono dijadwalkan akan datang pada 28 Agustus 2024. Sementara pasangan Dharma Pongrekun – Kun Wardana akan daftar di hari terakhir.

“Sampai saat ini ada tim Paslon yang sudah konfirmasi yaitu dari pasangan Ridwan Kamil, besok akan hadir pukul 14:30,” katanya kepada Media, Selasa (27/8). 

Sedangkan untuk pasangan Dharma-Kun pihak KPU Daerah Khusus Jakarta masih mengkonfirmasinya, sebab pendaftaran tidak boleh datang lewat dari Pukul 23:59. 

“Teknis acaranya kita akan menerima langsung dan bakal Paslon diperkenankan membawa 150-200 pendukungnya. Selanjutnya nanti akan diterima, akan kami cek berkas-berkasnya,” tuturnya. 

“Setelah itu, paslon akan konferensi pers pasca penerimaan bakal paslon yang akan kami lakukan di dalam,” tuturnya.

Di lokasi yang sama, Ketua Divisi Sosialisasi, Pendidikan Pemilih, dan Partisipasi Masyarakat Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Derah Khusus Jakarta, Astri Megatari juga telah mengantisipasi membeludaknya massa dengan menggandeng pihak terkait.

“Kapasitas memang terbatas di dalam KPU DKI, maka kami memberikan kartu identitas (id card) untuk masing-masing tim pasangan calon sebanyak 150-200,” ujar Astri.

Dengan demikian, nantinya pendukung dengan id card saja yang bisa masuk ke dalam wilayah gedung KPU DKI Jakarta.

Kemudian, pihaknya juga akan membatasi yang masuk ke dalam ruangan pendaftaran yakni pasangan calon (paslon) dan para petinggi partai politik pengusung.

Sebagai informasi, pendaftaran calon kepala daerah pada tanggal 27-28 Agustus 2024, dimulai sejak pukul 08.00-16.00 WIB. Sedangkan tanggal 29 Agustus 2024, dimulai pukul 08.00 – 23.59 WIB.

Untuk penetapan calon kepala daerah akan berlangsung pada 22 September 2024. Dilanjutkan dengan kampanye mulai 25 September sampai 23 November 2024.

Temukan kami juga di Google News dengan klik ikon bintang. Atau kamu bisa follow WhatsApp Holopis.com Channel untuk dapatkan update 10 berita pilihan dari redaksi kami.

Rekomendasi

berita Lainnya
Related

Heru Berikan Bantuan Bibit dan Pupuk ke 31 Petani di Jakarta

Pemprov Daerah Khusus Jakarta (DKJ) bersama Kejaksaan Tinggi DKI Jakarta dan PT Pupuk Indonesia serahkan bantuan pupuk dan bibit tanaman pangan kepada 31 kelompok tani Jakarta di Jalan M. Kahfi I, Cipedak, Jagakarsa, Jakarta Selatan, pada Jumat (13/9).

DPRD Usul 3 Nama Calon Pj Gubernur Jakarta Pengganti Heru

DPRD DKI Jakarta mengusulkan tiga nama sebagai Pejabat (Pj) Gubernur Daerah Khusus Jakarta. Pengusulan ini dilakukan mengingat jabatan Heru Budi Hartono rampung pada Oktober mendatang.

Cek Prakiraan Cuaca Jakarta Hari Ini, Ada Potensi Hujan Ringan

Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) telah merilis informasi terkini perihal prakiraan cuaca Jakarta pada hari ini, Kamis 12 September 2024.
Prabowo Gibran 2024 - 2029
Ruang Mula Indonesia

Berita Terbaru